Mohon tunggu...
Andini Maharani
Andini Maharani Mohon Tunggu... Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Life's just the pursuit of the ability to be satisfied with what you have.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Cara Jualan Online

4 Januari 2021   06:30 Diperbarui: 4 Januari 2021   06:47 142 0 0 Mohon Tunggu...

Banyak orang bertanya, bagaimana cara memulai berjualan online? Lalu apa saja yang dilakukan agar kita bisa sukses memasarkan produk ke internet? . Nah kali ini, kami akan mengulas sedikit mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai berjualan online.


Persiapan jualan online:
1. siapkan handphone, tablet atau laptop khusus untuk berjualan online yang cukup baik agar bisa memproses aplikasi dengan lancar.


2. buatlah Email, misalnya dengan menggunakan gmail maupun Yahoo. Ini sangat penting karna email ini sangat dibutuhkan ketika kita akan mendaftar di platform penjualan online nantinya.


3. download aplikasi pendukung untuk berjualan online dari mulai aplikasi WhatsApp, Line hingga aplikasi Medsos lain seperti Instagram, Facebook Apps, Twiter dan lain lain .Lalu daftarlah satu persatu dengan email atau Nomor hp yang sudah kita miliki agar bisa segera aktif.


4. Untuk Stockiest, persiapkan perlengkapan packing produk. Karena nantinya semua produk harus dipacking rapi untuk dikirim ke tempat pembeli menggunakan jasa pengiriman seperti JNE, TIKI, POS maupun JNT. Adapun alat packing yang perlu kita siapkan diantaranya seperti pulpen, kertas A4 untuk tulis alamat, gunting, solatif, buble wrap.


Tahap berikutnya adalah langsung melakukan penjualan online dengan mempublikasikan produk yang akan dijual ke internet. Publikasi produk ini bisa dengan berbagai cara, antara lain :

1. manfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan mulailah menambahkan produk secara rutin kepada teman (bertahap, tidak boleh langsung konfirmasi banyak) dan  share postingan photo produk, lalu jangan lupa ya untuk menambahkan kategori tag pada setiap postingan, misalnya kita menjual produk  tas, kita wajib menulis kategori hastag terkait agar produk kita mudah ditemukan banyak orang dimedia sosial, misalnya : #TasMurah #TasBranded #TasTerbaru  agar semakin unik dan variatif lebih baik.

2. manfaatkan akun Email yang sudah kita buat pada tahap awal tadi untuk mendaftar di tempat jual beli gratisan/market place seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Elevenia maupun Lazada. Sebelum mendaftar, pastikan membaca tata cara maupun aturan dalam berjualan disana agar tidak cepat dibanned (diblokir) sehingga kita tidak bisa jualan lagi disana. Kalau menggunakan Handphone, kita bisa mendownload dan memasang aplikasinya di Handphone kita, ikuti petunjuk yang ada agar bisa segera jualan online.

3. buatlah situs website sendiri untuk berjualan online, karena jika hanya memanfaatkan dan menyandarkan usaha kita di tempat gratisan (media sosial maupun layanan tempat jual beli online/market place) sangat kurang optimal dan bisa di delete kapan saja oleh yang punya tempat karena ada syarat dan ketentuan yang berlaku, sehingga perlu punya tempat sendiri dan khusus untuk berjualan online, yaitu dengan membuat website toko online atau landing page, agar kedepannya lebih aman dan nyaman serta menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi jika memiliki tempat sendiri di dunia online untuk berjualan online.


Nah itulah beberapa tips atau cara untuk memulai berjualan online serta apa saja yang harus kita siapkan sebelum melakukan penjualan online. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian dan terima kasih.

VIDEO PILIHAN