Mohon tunggu...
Andika NugrahaFirmansyah
Andika NugrahaFirmansyah Mohon Tunggu... Guru - Aktif di Sokola Sogan, Komunitas Belajar berbasis minat dan bakat.

Seorang pembelajar yang berteman dengan anak-anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pelajaran Olah Rasa

6 Januari 2024   23:51 Diperbarui: 7 Januari 2024   00:11 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Dokumen Pribadi Penulis

Semalam saya mendapatkan sebuah curhatan dari seorang guru sekolah menengah pertama. Beliau sudah berumur. Tapi boleh dibilang ngenomi. Beliau ini bingung ngadepin anak-anak gen z, katanya jaraknya terlalu jauh.

Andai saja jarak yang dimaksud ini bisa dikomentari, "Ayo-ayo yang jauh mendekat, yang dekat merapat." Tapi saya yakin, kalau saya komentari begitu, saya bisa kuwalat. Jelas saya tidak mau.

Beliau bercerita mengenai pengalamannya beberapa hari yang lalu menyita HP beberapa siswa. Beliau bersepakat dengan mereka untuk menyita HP itu tiga hari. Hingga pada Jumat kemarin anak-anak yang disita HP nya itu tiba-tiba datang ke rumah Beliau.

Ajibnya, mereka minta dimarahi lagi dengan nasehat!

Lha yo opo ngene iki, wes diseneni neng sekolah, malah tambah moro neng omah, njaluk diseneni meneh. Ya Allah, Gen Zii, Gen Zii (menirukan gaya Pak Prabowo bilang Mas Anisss, Mas Aniss). Coba deh kalau kalian bisa menebak apa yang ada dipikiran anak-anak ini. Saya acungi jempol. Tapi setelah itu ada lagi.

"Mereka datang semua (berdelapan, laki-laki perempuan) jam 8 datang ke rumah. Sampai jam 11 saya usir karena harus jumatan." tulis Beliau.

"Ternyata habis jumatan, mereka datang lagi. Kebetulan saya ada perlu. Ini artinya apa?" tambah Beliau.

"Kurangkah siraman rohani di sekolah? Keringkah jiwa mereka?"

Saya yang saat itu bingung harus membalas apa, hanya mengirimkan emoticon.

"Olahrasa memang harusnya ada, sebanding dengan olah raga."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun