Mohon tunggu...
Rahma Adipura
Rahma Adipura Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama saya Rahma Adipura saat ini saya sedang menempuh kuliah di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Program Studi Teknik Industri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Kerja Praktek di Perusahaan Manufaktur

21 Desember 2023   17:31 Diperbarui: 21 Desember 2023   18:12 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Arsip Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sebuah kegiatan mata kuliah wajib bagi mahasiswa untuk merasakan sebuah dunia kerja yang akan dijalani nantinya. Pengalaman ini sangat penting bagi mahasiswa karena mahasiswa akan dapat kesempatan langsung bagaimana berinteraksi pada lingkungan kerja dan menerapkan teori-teori yang telah dipelajari selama ini pada lingkungan kerja yang dilaksanakan. 

Dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa dapat memperluas koneksi pada dunia luar dan mendapatkan wawasan dalam memahami dunia industri dan seisinya.Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Bima Maulana yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di sebuah perusahaan manufaktur telah menyelesaikan tugasnya dimana selama 6 bulan melakukan Praktik Kerja Lapangan pada bagian controlling. Saya pada awal pelaksanaan melakukan adaptasi dalam lingkungan kerja disekitar dimana mempelajari kebiasaan sekitar, berinteraksi dengan pegawai serta rekan kerja yang ada, dan membiasakan diri terhadap peraturan yang ada di perusahaan. 

Penugasan yang dilakukan oleh saya melalui mentor di perusahaan tersebut adalah melakukan pengambilan data cycle time pada beberapa lane produksi dan mengamati setiap proses yang dilakukan tersebut dengan menggunakan metode stopwatch time study . Kemudian setelah melakukan pengamatan dilakukan analisa data-data yang didapatkan tersebut dengan Process Activity Mapping dan mengelompokannya kedalam kategori Value added (VA), Necessary Non Value Added (NNVA), Non Value Added (NVA) dan mencari masalah yang terjadi pada lane produksi tersebut dimana mencari proses apa yang dapat dihilangkan pada lane produksi tersebut.

 Pengalaman yang diberikan oleh mentor perusahaan kepada Saya ini sangat penting dan sangat bermanfaat karena dengan pengalaman tersebut saya dapat memahami seluruh proses pengerjaan sebuah industri manufaktur dan saya juga mendapatkan pemahaman yang sangat penting pada sebuah industri manufaktur serta keterampilan yang diperlukan dalam dunia kerja nantinya. Dengan pengalaman ini saya sangat berterimakasih kepada perusahaan manufaktur yang saya tempati yang telah memberikan kesempatan saya dalam melakukan Praktik Kerja Lapangan dan memberikan seluruh manfaat yang saya dapatkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun