Mohon tunggu...
Rahmah Aulia N
Rahmah Aulia N Mohon Tunggu... Pelajar SMAN 28 Jakarta

Rahmah Aulia Nandita (29) - XI MIPA 4

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Setelah Lockdown, Kok Jadi Glow Down?

2 Agustus 2020   22:02 Diperbarui: 2 Agustus 2020   21:59 172 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setelah Lockdown, Kok Jadi Glow Down?
SUMBER GAMBAR: FREEPIK

Hampir 5 bulan telah berlalu sejak pandemi COVID-19 mewabah di muka bumi yang menyebabkan semua orang tetap di rumah saja.

Semua pola hidup dan kebiasaan telah berubah semenjak Lockdown dicanangkan. Kesehatan kulit pun menjadi salah satu aspek yang mendapat pengaruh selama di rumah saja, khususnya kesehatan kulit pada wajah.

Apakah kulit wajah kalian menjadi mulus dan glowing? Atau malah menjadi kusam dan breakout atau bahkan berjerawat?

Secara logika, dengan kita di rumah saja kita tidak terlalu terpapar debu, polusi, dan sinar matahari yang terik, yang biasanya menjadi penyebab kulit wajah kita menjadi kotor. Lalu, mengapa ada beberapa orang yang selama di rumah, kulit wajahnya malah menjadi kusam dan malah glow down?

SUMBER GAMBAR: FREEPIK
SUMBER GAMBAR: FREEPIK
Mari kita ketahui dulu apa saja penyebab timbulnya jerawat pada wajah yang bisa membuat wajah menjadi kusam, walaupun hanya di rumah saja. Beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebabnya adalah sebagai berikut :

1. Stres

Selama masa lockdown kemarin, apalagi saat WFH (Work From Home) dan BDR (Belajar Dari Rumah) diadakan, tidak sedikit orang mengeluh jenuh dan merasa lebih stres daripada saat masa normal. Dr. Wong, dokter di IDS Clinic, menyebutkan bahwa stres adalah pemicu umum munculnya jerawat.

SUMBER GAMBAR: FREEPIK
SUMBER GAMBAR: FREEPIK

2. Makanan yang Tidak Sehat

Ketika di rumah saja, pola dan nafsu makan menjadi tidak teratur. Kemudian, banyak orang yang mencoba membuat makanan-makanan viral, tetapi tidak memperhatikan nutrisinya dan melupakan pola makan sehat yang teratur. Pola makan yang buruk bisa memperburuk noda jerawat pada wajah sehingga sulit untuk memudar.

SUMBER GAMBAR: FREEPIK
SUMBER GAMBAR: FREEPIK

3. Melewatkan Mencuci Wajah

Tidak berpergian ke mana-mana membuat orang menjadi malas untuk mencuci wajah secara rutin. Menurut Dr. Wong, malas mencuci wajah bisa menyebabkan penumpukan sebum dan sel kulit mati di folikel kulit yang bisa menyebabkan peradangan pada kelenjar sebaceous dan jerawat kita.

4. Memencet Jerawat dan Menyentuh Wajah dengan Tangan

Rasa iseng dan tidak sabar membuat kita ingin memencet jerawat dengan tangan. Padahal, hal itu membuat jerawat semakin meradang dan bisa menyebabkan infeksi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x