Mohon tunggu...
ANDI ELA KHOIRUN NISA
ANDI ELA KHOIRUN NISA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Anggota MMD 912 Ajak Guru Mts Kalirejo Mengintegrasikan Literasi & Teknologi dalam Pembelajaran

20 Agustus 2023   16:28 Diperbarui: 20 Agustus 2023   17:02 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Beberapa anggota MMD kelompok 912 melakukan sosialisasi kepada seluruh guru mata pelajaran MTs Hidayatul Athfal dengan tujuan meningkatkan kesadaran guru akan pentingnya literasi bagi siswa, serta meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi digital sebagai sarana pembuatan media belajar. 

Sosialisasi terkait peningkatan pendidikan literasi dan digitalisasi sumber belajar ini diselenggarakan pada hari Senin, 17 Juli 2023 di MTs Hidayatul Athfal Kalirejo, Bojonegoro. Kegiatan yang dilakukan berupa pemetaan terkait kendala yang dihadapi guru mata pelajaran dalam kegiatan pembelajaran serta sosialisasi terkait perencanaan dan strategi pengembangan literasi juga digitalisasi sumber belajar yang disusun berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan.

Pelaksanaan program sosialisasi ini diawali dengan penyebaran kuesioner sebagai langkah awal untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh guru mata pelajaran untuk mendapat gambaran terkait solusi apa yang bisa diusulkan terkait permasalahan yang dihadapi. 

"Dengan adanya kuesioner yang disebarkan ke guru mata pelajaran dapat mempermudah kami memetakan sumber belajar secara digital agar dapat menata dan memberikan usul atau saran terkait kekurangan yang ada, sehingga guru-guru dapat dengan mudah mengakses dan mengorganisasi materi pembelajaran, menghemat waktu dan usaha dalam penyusunan dan perencanaan materi." ujar Satya Bagus Anindito selaku penanggung jawab dari program kerja pemetaan sumber belajar digital.

Hasil identifikasi permasalahan dan potensi literasi serta daftar ketersediaan sumber belajar untuk literasi dikumpulkan serta disusun menjadi satu, sehingga dapat disusun perencanaan serta strategi pengembangan yang dapat diusulkan oleh anggota kelompok kepada guru mata pelajaran bersangkutan. 

"Sejujurnya tingkat potensi literasi dan digitalisasi sumber belajar yang ada di MTs Hidayatul Athfal bisa dikatakan masih sangat minim, fasilitas dan program yang kami buat tidak memiliki kontinuitas yang cukup menjanjikan untuk peningkatan literasi dan digitalisasi sumber belajar, maka dari itu kedatangan mahasiswa MMD Kelompok 912 , semoga bisa menjadi titik terang dan membawa solusi yang komprehensif pada  kami dalam meningkatkan literasi dan digitalisasi sumber belajar di MTs Hidayatul Athfal ini" 


Kegiatan dilakukan di ruang kelas VII MTs Hidayatul Athfal mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 10.45 WIB. Kegiatan merupakan penyampaian materi oleh pemateri serta tanya jawab dan penyampaian kritik saran dari audience. Kegiatan berlangsung lancar dan tertib, seluruh guru mata pelajaran menyimak materi dengan seksama.

"Dari perencanaan yang disusun dan diusulkan kepada guru menghasilkan output berupa indikator penyesuaian perencanaan peningkatan literasi dan digitalisasi sumber belajar sehingga dapat membantu memberikan gambaran kepada guru terkait kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya." Tutur Andi Ela Khoirun Nisa sebagai penanggung jawab program perencanaan peningkatan pendidikan literasi dan digitalisasi sumber belajar.

Andin Anindya Fitriani selaku penanggung jawab program pengembangan pendidikan literasi dan digitalisasi sumber belajar juga mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi dilakukan sebagai salah satu dari banyaknya langkah peningkatan kompetensi guru serta memperluas jangkauan dan akses pendidikan yang menjangkau dan mendukung guru secara maksimal.

Secara garis besar output yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah perbaikan literasi siswa yang dimulai dari guru serta peningkatan kompetensi guru dalam memaksimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun