Mohon tunggu...
Andi DeniseZabrina
Andi DeniseZabrina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa UNDIP Gencarkan Gerakan Memilah Sampah dan Penerapan 5R

11 Agustus 2022   09:34 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:39 75 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jakarta (10/08/2022) - Sampah adalah barang yang berasal dari kegiatan manusia yang tidak lagi dapat digunakan, baik tidak dipakai, ataupun dibuang. Membuang sampah dengan tidak benar dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. 

Memilah sampah sangat penting karena akan memudahkan proses daur ulang dan mencegah pencemaran lingkungan. Sampah yang tidak dipilah tidak bisa didaur ulang dan hanya akan menggunung di tempat pembuangan akhir (TPA). Maka dari itu perlu dilakukan sosialisasi pentingnya pemilahan sampah pada rumah tangga.

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP melakukan sosialisasi pemilahan sampah pada warga kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan. Selain itu, mahasiswa juga mengenalkan konsep Bank Sampah kepada warga. 

Harapannya, dengan mengetahui bahwa sampah yang dihasilkan sehari-hari tidak dapat didaur ulang jika tidak dipilah, warga terbujuk untuk memilah sampah dan menabung di Bank Sampah.

Dokpri
Dokpri

Dalam upaya menjaga kebersihan dan kerapian, mahasiswa KKN Uiversitas Diponegoro juga melakukan sosialisasi terkait 5R yaitu Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. 5R merupakan metode yang diterapkan pada lingkungan kerja agar kondisi tetap kondusif dan efisien. Dari diterapkannya metode ini diharapkan lingkungan kerja selalu teratur hingga menjadi sebuah kebiasaan. 

Sosialisasi penerapan 5R dilakukan kepada para pengurus RPTRA di wilayah kelurahan Bintaro meliputi RPTRA Asthabrata dan RPTRA Anggrek. Program ini dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2022 dan 8 Agustus 2022.

Dokpri
Dokpri

Pada sosialisasi penerapan 5R mahasiswa Tim II KKN UNDIP menyampaikan materi terkait pengertian 5R, cara penerapannya, dan penjelasan setiap aspeknya. Harapannya, dengan mengetahui penjelasan 5R para pengurus RPTRA di wilayah Bintaro dapat menerapkan 5R dengan baik agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang efektif dan efisien.

Dokpri
Dokpri

Penulis : Andi Denise Zabrina, Lidya Raizel Alinka

DPL : Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyati, M.Sc.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan