Mohon tunggu...
Andi Alny Hilwany
Andi Alny Hilwany Mohon Tunggu... Apoteker

Product Manager di PT ISMUT FITOMEDIKA INDONESIA

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pentingnya Asupan Nutrisi Pranikah

6 Maret 2021   10:11 Diperbarui: 6 Maret 2021   10:59 215 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Asupan Nutrisi Pranikah
Sumber: Pinterest dan ctvnews.ca

Adakah diantara Anda yang sedang mempersiapkan momen pernikahan? Mungkin Anda sudah menyiapkan banyak hal bersama pasangan, mulai dari urusan kostum, undangan, gedung, konsumsi tamu, souvenir, konsep pernikahan hingga kursus kesiapan psikologi dan mental. Namun pernahkah Anda terpikirkan untuk memasukkan nutrisi pranikah ke dalam daftar hal-hal yang harus Anda persiapkan? Tentu dibutuhkan tubuh yang sehat dan prima dalam menjalani pernikahan Anda bukan? Apa saja nutrisi yang Anda dan pasangan butuhkan sebagai amunisi dalam mempersiapkan pernikahan? Simak penjelasannya berikut ini.

Nutrisi atau gizi pranikah merupakan status nutrisi calon pengantin demi tercapainya keluarga sehat dan keturunan yang berkualitas. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa menikah adalah salah satu cara untuk memperoleh keturunan, maka baik calon pengantin pria maupun wanita perlu memperhatikan status nutrisinya masing-masing sebelum memasuki jenjang pernikahan. 

Berikut ini nutrisi-nutrisi yang perlu diperhatikan asupannya sebelum melakukan pernikahan:

Vitamin B12

Vitamin B12 utamanya untuk pria sangat penting dalam memelihara kesuburan, karena kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan jumlah sperma yang dihasilkan testis pria menjadi lebih sedikit. Sumber vitamin B12 yaitu pangan yang berasal dari hewan baik berupa daging maupun olahannya seperti susu dan keju.

Vitamin E

Vitamin E untuk wanita penting dalam memelihara kesuburan, maka dari itu wanita sebelum menikah sebaiknya menjaga asupan vitamin E nya. Sumber vitamin E antara lain minyak kelapa sawit, minyak kelapa, biji bunga matahari dan tauge.

Zat Besi dan Zink 

Usahakan untuk memenuhi kebutuhan mineral terutama zat besi dan zink. Kecukupan zat besi dan zink sangat penting bagi calon ibu, karena kedua mineral tersebut dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi saat kehamilan dan dapat berakibat fatal jika terjadi kekurangan. Sumber zat besi diantaranya daging, ikan, telur dan sayur-sayuran seperti bayam dan brokoli. Sumber zink antara lain daging, ayam, telur, susu dan keju.

Protein

Protein adalah makro nutrisi yang berperan sangat vital bagi tubuh. Asupan protein mutlak menjadi perhatian utama bagi kedua calon pengantin. Protein adalah nutrisi penunjang daya tahan tubuh karena dapat meningkatkan produksi antibodi dalam melawan infeksi akibat kuman patogen. Protein juga merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan kesuburan. Bagi wanita, tercukupinya kebutuhan protein sebelum hamil adalah hal yang sangat penting. Protein dibutuhkan untuk membentuk sel-sel yang baru, sehingga bagi ibu hamil penting untuk membantu proses pembentukan sel-sel tubuh janin. Oleh karena itu kekurangan asupan protein saat hamil dapat mengakibatkan terambilnya simpanan protein dalam tubuh sang ibu. Bagi pria, protein dapat membantu perbaikan kualitas dan kinerja sel-sel sperma serta meningkatkan stamina. Protein juga dapat membantu meningkatkan hemoglobin sehingga mencegah terjadinya anemia akibat kelelahan bagi kedua calon pengantin. Sumber pangan protein dapat diperoleh antara lain dengan konsumsi telur, ikan, daging, tempe dan tahu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x