Mohon tunggu...
Andhon AkbarPratiwi
Andhon AkbarPratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tiwii

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Pentingnya Pendidikan dalam Islam?

19 November 2021   18:01 Diperbarui: 19 November 2021   18:11 105 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah suatu sistem yang harus terintegrasi dengan sistem lain yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan guna meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek. Pendidikan Islam adalah upaya terencana untuk mempersiapkan manusia agar mengenal, memahami, menghayati, dan meyakini ajaran agama Islam, serta memerlukan penghormatan terhadap agama lain dalam hubungan antar umat beragama untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut pandangan Islam, pendidikan harus didahulukan dari pada pendidikan agama. Pendidikan Islam, sesuai dengan misi Islam, adalah untuk memperkuat nilai-nilai moral untuk mencapai moralitas. Oleh karena itu, pendidikan agama Islam merupakan dasar utama dari sistem pendidikan moral dan etika.

Menurut Ratna wilis (2006:98), pendidikan juga merupakan  pendekatan yang sesuai dengan fitrah manusia dan memiliki tahapan-tahapan pertumbuhan. Selain itu, tujuan pendidikan berkaitan erat dengan tujuan hidup manusia, dan tujuan hidup ini berbeda-beda di setiap negara.

Pendidikan bertujuan untuk mengajarkan manusia agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang menyertai keimanan dan ketakwaan kepada Allah. sehingga Anda dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan ini untuk keuntungan Anda. Tujuan utama pendidikan Islam adalah untuk membekali manusia dengan pemahaman Islam yang jelas, lengkap dan komprehensif serta  membimbing, mengajar dan melatih mereka untuk memahami dan mempelajari ajaran  Islam. Pendidikan Islam akan menjadikan manusia  lebih baik dan mampu membedakan  yang baik dan yang buruk.

Dalam Islam, belajar mencari ilmu adalah ibadah kepada Allah, dan  proses mencari ilmu memiliki tujuan tertentu. Karena ilmu pengetahuan dapat menunjang kehidupan di dunia mempersiapkannya untuk kehidupan masa depan. Sebagaimana dijelaskan dalam ayat 11 Surah Al-mujadalah: "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa pendidikan Islam sangat penting tidak hanya untuk menjamin kehidupan di dunia, tetapi juga untuk mengamankan masa depan. Biarkan orang menghindari dosa karena mereka tahu bagaimana membedakan  yang baik dan yang jahat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan