Mohon tunggu...
Ami intan
Ami intan Mohon Tunggu... Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ekonom Rabbani

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ada Apa dengan Islam dan Kesehatan?

9 Juli 2019   09:01 Diperbarui: 9 Juli 2019   09:07 59 0 0 Mohon Tunggu...

Kesehatan sangat penting di era millennial ini, karena dengan jiwa dan raga yang sehat seseorang akan mampu beraktifitas untuk memenuhi kebutahan hidup serta berinteraksi dengan sesama. Kita tau manusia adalah ciptaan yang paling sempurna dimuka bumi ini yang diciptakan oleh Allah SWT yang memiliki unsur fisik, psikis, social dan spiritual. 

Maka ketika seseorang mengalami sakit tentunya ada aspek kesehatan yang terganggu yang membutuhkan penanganan, dikutip dari buku Islam dan Aspek-aspek Kemasyarakatan karangan Kaelany HD mengatakan tentang pepatah arab yang berbunyi: al-'aql al-salim fi al-jism al-salim, wa al-jism al-salim fi al-'aql al-salim (akal yang waras ada pada badan yang sehat dan badan yang sehat terdapat pada orang yan bermoral akal yang waras).

Sehingga dari pepatah diatas dapat di simpulkan bahwa adanya hubungan antara sehat secara fisik, psikis, social, dan spiritual. Setiap unsur yang ada dalam diri seorang manusia saliang mendukung untuk terbentuknya manusia yang sehat secara lahir dan batin. 

Manusia yang sehat adalah manusia yang terbebas bukan dari penyakit fisik saja melainkan dari penyakit psikis juga. Jadi manusia yang sehat adalah manusia yang  yang sehat berdasarkan fisik, psikis, social, dan spiritual.

Melihat pentingnya kesehatan, dalam pandangan islam kesehatan sangatlah utama banyak anjuran dalam Al-Quran dan hadist tentang pentingnya menjaga dan mempertahankan kesehatan yang telah dimiliki oleh seorang muslim. Anjuran untuk menjaga kesehatan bisa dilaukan dengan dua cara, yakni: cara pencegaha dan cara pengobatan. 

Melalui cara pencegahan, perhatian islam tentang kesehatan bisa dilihat dari anjuran-anjuran  terhadap pemeliharaan kebersihan. Sesuai dengan sabda Rasulullah yang artinya: "Dari Ibnu 'Abbas ra berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda; banyak manusia yang merugi karena dua nikmat; kesehatan dan waktu luang". (HR. Bukhari)

Dalam hadist lain, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya :"Rasulullah SAW berdoa; ya Allah saya berlindung kepada-Mu dari kehilangan nikmat karunia-Mu, dari perubahan kesehatan yang telah Engkau berikan, mendadaknya balasan-Mu, dan dari segala kemurkaan-Mu". (HR. Muslim). Dari kedua hadist diatas dapat disimpulkan bahwa Allah telah menganugrahkan kepada manusia dua kenikmatan yang sangat penting dan sering dilupakan oleh manusia yaitu nikmat kesehatan dan nikmat waktu luang.

Bukan hanya hadist banyak firman-firman Allah SWT dalam Al-Quran yang menerangkan tentang kesehatan seperti surat Al-Baqarah ayat 282, Al-Maidah ayat 6, Al-Anfal ayat 11, Al-Hajj ayat 26, Al-Muddatsir ayat 4, Al-Baqarah ayat 125, At-Taubah ayat 108 dan Al-Furqan ayat 48. Sangat banyaknya ayat Al-Quran yang menerangkan tentang kesehatan, yang berarti bahwa islam sangat memerhatikan masalah kesehatan bagi umat muslim, baik kesehatan rohami maupun jasmani.

Kondisi jasmani manusia sangatlah penting, dikarenakan dengan jasmani yang sehat merupakan modal utam seorang manusia agar dapat menjalankan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi. Tubuh yang sehat sangat menunjang seorang manusia untuk beribadah kepada sang pencipta yakni, Allah SWT. Di dalam islam juga terdapat kiat-kiat untuk menjaga kesehatan seperti; wudhu yang berguna menjaga kesehatan kulit, puasa yang berguna untuk kesehtan rongga dalam seperti lambung, gerakan shalat yang berguna untuk olahraga tubuh agar tubuh tidak kaku, dan tidak makan dengan berlebihan yang sesuai dengan anjuran islam bahwa makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Banyak sekali kiat-kiat yang di ajarkan islam untuk menaga kesehatan karna begitu pentingnya kesehatan bagi umat muslim.

Rahmi Sri Intan Mardhatillah (11160860000020)

islam dan Ilmu Pengetahuan/ UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

VIDEO PILIHAN