Mohon tunggu...
Andang Masnur
Andang Masnur Mohon Tunggu... Komisioner

Komisioner KPUD Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara | Sedang Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Tulisanmu adalah Surgamu

23 Februari 2020   17:06 Diperbarui: 24 Februari 2020   02:30 90 6 4 Mohon Tunggu...

"Sebaik-baik manusia adalah dia yang bermanfaat bagi sesamanya". Begitu kutipan firman Allah yang menjadi motivasi dalam berbuat dan berkarya. Mendoktrin diri bahwa bagaimana pun kualitas yang kita miliki tidak akan ada gunanya jika tidak bermanfaat bagi orang lain.

Dalam ilmu bahasa, menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa selain membaca, menyimak dan berbicara. Dikategorikan sebagai keterampilan yang produktif karena mampu menyampaikan pesan terhadap orang lain.

Tidak berlebihan jika kita menyebut bahwa salah satu penduduk surga nantinya adalah dari kalangan penulis. Sebab dari pendekatan agama kita melihat agama apa pun yang mempunyai kitab suci pasti sebuah kitab yang berbentuk tulisan.

Dari terminologi Islam, kita dapat membayangkan jika dari zaman setelah Nabi Muhammad wafat kemudian tidak ada yang mengabadikan penggalan-penggalan wahyu yang diturunkan Allah tersebut. Belum tentu Al Quran dapat tersampaikan dengan mudah hingga hari ini diseluruh pemeluk Islam di dunia ini, jika tidak ditulis oleh Zain Bin Tsabit.

Hadist-hadist yang pernah disampaikan dari zaman nabi sampai para khalifah menjadi pedoman hidup bagi umat muslim. Hal ini bisa dipelajari oleh para ulama, santri dan seluruh umat karena juga ditulis saat itu.

Selanjutnya, banyaknya buku-buku yang menginspirasi hari ini yang beredar adalah bukti bagaimana menjadi penulis merupakan salah satu profesi yang dapat bermanfaat kepada banyak orang. Tidak sedikit kita mendapatkan seseorang yang sudah dalam posisi dititik paling rendah dalam hidupnya, tetapi bisa bangkit menjadi lebih baik dan sukses karena motivasi dari tulisan yang dibacanya.

Ada seorang pebisnis yang bangkrut karena gagal dengan bisnisnya, tetapi bisa berhasil dengan usaha lain karena belajar dari sebuah tulisan yang dibacanya.

Atau yang paling sederhana, saat ada seseorang yang tengah galau gundah gulana karena masalah hidupnya, lalu kemudian merasa terhibur dari buku cerita atau karya sastra lain yang dibacanya.

Sebenarnya tulisan-tulisan inspiratif dan bermanfaat seperti ini terkadang lahir dari orang-orang yang justru pernah merasakan hal yang . Memulai sesuatu dari bawah kemudian berhasil, adalah pengalaman yang berharga.

Bagi saya, apa pun pekerjaan yang dilakukan niatnya adalah untuk beribadah. "Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepadaku" Begitu bunyi Al Quran dalam surat Adz Dzaariyaat ayat 56.

Menjadikan hobi dan kegiatan kita menjadi sarana untuk berbagi ilmu dan pengetahuan. Sebab tidak menutup kemungkinan, apa yang kita anggap sederhana untuk ditulis ternyata mampu menjadi sesuatu yang istimewa bagi yang membacanya. 

Maka perbanyaklah menulis hal-hal yang baik. Saya yakin jika tulisan-tulisan yang dibuat tujuannya untuk menginspirasi dan bermanfaat bagi sesama, tentu akan diganjar pahala dari Tuhan, dan syurga adalah tempat yang tepat bagi mereka.

Salam

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x