Mohon tunggu...
anastasia nadine
anastasia nadine Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

mahasiswa Ilmu Komunikasi Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tampil Cerdas di Pesta

25 November 2020   21:17 Diperbarui: 25 November 2020   21:32 8 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tampil Cerdas di Pesta
via umma.id

Pesta menjadi salah satu alternatif hiburan bagi masyarakat pada zaman ini. Selain menjadi sebuah acara dan wadah untuk bersosialisasi dengan banyak orang, pesta juga menjadi ajang menampilkan diri dalam versi yang terbaik, dengan tujuan agar menaikan citra atau memperbagus citra diri di dalam lingkungan sosial.

Tampil cerdas menjadi salah satu cara untuk menaikan cita diri di tengah lingkungan sosial. Tampil cerdas bukanlah hal yang susah dan sekalipun hal yang mudah. Dengan mengerti aturan dasar, etika, dan mengatur penampilan diri sudah menjadi salah satu bagian dari "tampil cerdas".

Dalam sebuah pesta, tidak jarang diadakan sebuah acara makan malam bersama, acara ini biasa disebut dengan "Gala Dinner". Gala dinner sendiri merupakan acara makan malam bersaama dengan konsep mewah dan elegan. Terdapat beberapa tata cara mengenai hal detail yang perlu diperhatikan sebagai konsep menampilkan diri secara elegan dan cerdas. 

Berpenampilan cerdas merupakan salah satu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain bahwa menunjukan dan akan menginformasikan citra diri yang ingin ditampilkan dalam pesta tersebut. Dalam proses komunikasi terdapat dua jenis pesan, pesan verbal yang dapat diimplementasikan dalam pesan verbal lisan serta tertulis. Pesan yang berikutnya adalah pesan non verbal. Komunikasi nonverbal merupakan perilaku yang mengacu pada tindakan dan bukan merupakan ucapan.

Terdapat beberapa pesan non verbal yang perlu dijaga dan diperhatikan, hal ini antara lain

  1. Mengunyah makanan

Mengunyah makanan dengan cara yang elegan adalah mengunyah tanpa suara, hal ini merupakan budaya barat yang diterapkan pada pesta dengan gaya "Gala Dinner". Berbeda di daerah Cina dan Korea, mengunyah dengan bersuara merupakan simbol bahwa makanan yang disajikan nikmat dan sebuah bentuk menghargai penyelenggara pesta

  1. Postur tubuh

Duduk dengan postur yang tegap namun tidak terlihat tegang akan memberi kesan yang elegan dan sopan, dibandingkan duduk dengan posisi bungkuk bahkan meletakan kepala di atas meja.  

  1. Mengendus makanan

Mengendus makanan tidak dianjurkan dilakukan di Gala Dinner hal ini dilihat sebagai sebuah perilaku yang sering dilakukan oleh binatang dan tidak mencerminkan sebuah citra diri yang elegan dan cerdas

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    VIDEO PILIHAN