Mohon tunggu...
Ananta della
Ananta della Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

ilmu pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

3 Gaya Belajarmu, Apa Saja?

1 November 2022   22:11 Diperbarui: 1 November 2022   22:30 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada Masa kini pendidikan menjadi suatu hal yang penting untuk menunjang kehidupan di masa depan. Dalam dunia pendidikan kita pasti mengalami yang namanya proses belajar yang akan memengaruhi hasil belajar kita. Agar proses belajar kita berjalan dengan maksimal, kita harus mengetahui cara yang tepat dan efesien untuk memahami suatu informasi atau pelajaran.

Setiap anak pasti memiliki cara tersendiri untuk memahami suatu pelajaran. Stimulus   yang diterima anak dapat ditangkap oleh indera manusia yang kemudian diproses oleh otak. 

Tahukah kamu bahwa setiap anak memiliki tingkat sensivitas yang berbeda pada setiap indera yang dimiliki? apakah kamu lebih mudah memahami dengan melihat gambar? apakah kamu lebih cepat memahami dengan praktik? ataukah kamu lebih suka dengan menggunakan indra pendengar untuk memahami informasi? 

Dalam proses memahami suatu pelajaran, ada anak yang cenderung cepat dan mudah menyerap suatu pelajaran, dan ada juga yang membutuhkan waktu yang cukup lama dengan beberapa kali pengulangan agar anak tersebut dapat memahami suatu pelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa perlu mengetahui dan menyadari cara belajar seperti apa yang dapat membantu kita dalam proses belajar.  

Sebelum itu, Tahukah kamu?

"a person's learning style is a combination of how he or she perceives, then organizes  and processes information" 

Menurut Bobby De Porter dalam bukunya Quantum Learning gaya belajar seseorang adalah kombinasi dari bagaimana  ia menyerap, mengatur dan mengolah informasi. 

Sebagian anak ada yang lebih suka ketika gurunya menjelaskan dengan cara menulis dipapan tulis. Sebagiannya lagi ada anak yang suka ketika gurunya menyampaikan atau mengajar dengan cara dijelaskan secara lisan. 

Akan tetapi, ada sebgaian pula anak yang cenderung suka membentuk kelompok kecil untuk mendiskusikan pertanyaan tentang pelajaran yang dibahas. Dengan demikian, gaya belajar merupakan cara cara yang lebih kita sukai dalam melakukan kegiatan berpikir, memproses dan memahami suatu informasi atau pelajaran. 

Setiap individu memiliki ciri khas sejak lahir dan diperkaya melalui pengalaman hidup. Yang pasti semua orng belajar melalui alat indrawi, baik penglihatan, pendengaran, dan kinestetik (sentuhan). Setiap anak pasti mempunyai kekuatan belajar atau gaya belajar.   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun