Mohon tunggu...
Ananda Putri
Ananda Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/wakil Ketua HMJ Tadris Matematika/IAIN Ponorogo

Suka melamun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Psikologi dalam Mengatasi Tantangan Mental dan Emosional dalam Dunia Pendidikan

21 Maret 2024   11:20 Diperbarui: 21 Maret 2024   11:22 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Minat belajar siswa memiliki peran yang sangat penting dalam proses pendidikan. Namun, fenomena rendahnya minat belajar siswa seringkali menjadi tantangan utama dalam dunia pendidikan. Kurangnya minat belajar dapat mempengaruhi prestasi akademis siswa dan juga motivasi mereka untuk belajar. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa sangat kompleks dan dapat berasal dari berbagai sumber, baik internal maupun eksternal.

Faktor Internal

 - Motivasi Intrinsik yang Rendah: Siswa yang kurang memiliki motivasi intrinsik cenderung tidak merasa tertarik dalam proses belajar. Mereka mungkin tidak melihat nilai atau manfaat dari materi pelajaran yang dipelajari.

 - Kurangnya Keyakinan Diri (Self-Efficacy): Keyakinan siswa terhadap kemampuan belajarnya juga berpengaruh pada minat belajar. Jika siswa merasa rendah diri atau tidak yakin akan kemampuannya, maka minat belajar mereka dapat menurun. 

Faktor Eksternal

 - Metode Pengajaran yang Tidak Menarik: Penggunaan metode pengajaran yang monoton dan kurang interaktif dapat membuat siswa merasa bosan dan kehilangan minat belajar


. -Kurangnya Dukungan dari Lingkungan: Lingkungan belajar yang tidak mendukung, baik dari segi fasilitas maupun dukungan dari orang tua dan pendidik, juga dapat menjadi penyebab rendahnya minat belajar siswa.

Lalu bagaimana strategi untuk meningkatkan minat belajar siswa?

Untuk mengatasi rendahnya minat belajar siswa, diperlukan strategi-strategi yang dapat diterapkan, antara lain:

Menghadirkan Pembelajaran yang Menarik: Guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan interaktif agar siswa merasa terlibat dan tertarik dalam proses belajar.

 Mendorong Motivasi Instrinsik: Orang tua dan pendidik perlu memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa untuk menumbuhkan motivasi intrinsik dalam belajar. 

Membangun Self-Efficacy: Siswa perlu dibantu untuk membangun keyakinan diri terhadap kemampuan belajarnya agar merasa percaya diri dalam menghadapi tantangan belajar.

Kesimpulan

Rendahnya minat belajar siswa merupakan masalah yang kompleks dalam dunia pendidikan. Dengan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dan penerapan strategi yang tepat, diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih produktif dan efektif.

Referensi

- Ainley, M. (2006). Connecting with learning: Motivation, affect, and cognition in interest processes. Educational Psychology Review, 18(4), 391-405. - Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational beliefs, values, and goals. Annual Review of Psychology, 53, 109-132

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun