Mohon tunggu...
Ananda Intan Maharani
Ananda Intan Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Chemistry 19

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKM-DR UIN Malang Mengabdi untuk Negeri

29 Januari 2022   21:07 Diperbarui: 29 Januari 2022   21:10 90 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM-DR) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian oleh mahasiswa untuk masyarakat yang wajib untuk diikuti seluruh mahasiswa, yang mana kegiatan ini dilaksankan dalam era pandemi dengan program kerja yang yang semoga dapat memberikan nilai positif bagi masyarakat dan mahasiswa dalam memperoleh ilmu, pengetahuan dan pengalaman baru yang telah terjadi di masyarakat. KKM-DR UIN Malang ini dilaksanakan di Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Pada tanggal 3 -- 19 Januari 2022, kami melaksanakan program kerja yaitu membantu mengajar siswa-siswi MI NU Hidayatul Mubtadiin Ngantru. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari divisi Sosial dan Pendidikan.

Pada program kerja ini, kami mendapat amanah dari kepala sekolah MI bawasannya untuk mengajar kelas 2, 3, 4 dan 5 pada mata pelajaran ASWAJA, Qurdist, Aqidah Akhlak, dan Bahasa Arab yang dilaksanakan rutin setiap minggu pada hari Senin dan Selasa. Kelompok kerja kami dibagi menjadi 7 kelompok, dimana setiap kelompok berisi 2-3 orang yang membantu mengajar di MI NU Hidayatul Mubtadiin sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pihak MI. Pembelajaran di MI NU Hidayatul Mubtadiin dimulai dari pukul 06.30-12.30. Pada pukul 06.30, para siswa melakukan pembiasaan terlebih dahulu yaitu apel pagi, sholat dhuha dan mengaji. Kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran.

Pada awal pertemuan masuk sekolah, kami melakukan sesi perkenalan terlebih dahulu dan memberikan beberapa games ringan. Di hari berikutnya, pembelajaran sudah aktif dan kami membantu kegiatan belajar mengajar sesuai dengan jadwal. Selain memberikan materi pembelajaran, kami selingi dengan permainan yang bersangkutan dengan materi tersebut. Kemudian di akhir sesi pembelajaran siswa-siswi membaca asmaul husna serta melakukan foto bersama. Siswa-siswi di kelas sangat antusias karena mendapatkan suasana yang berbeda di awal masuk sekolah. Beberapa dari mereka juga sangat aktif saat pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran. Namun, juga terdapat beberapa siswa yang bertengkar di tengah pembelajaran.

Pada minggu terakhir, kami mengadakan acara perpisahan dengan semua siswa dan perangkat MI NU Hidayatul Mubtadiin. Acara ini dihadiri oleh siswa-siswi kelas 2, 3, 4 dan 5. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00. Kami mengawali acara dengan sambutan dari CO Divisi Sosial dan Pendidikan, sambutan dari kepala MI NU Hidayatul Mubtadiin, pemberian kenang-kenangan, lalu diakhiri dengan doa. Tak lupa kami juga foto bersama dengan semua siswa dan guru MI NU Hidayatul Mubtadiin.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan