Mohon tunggu...
Anan Alkarawangi
Anan Alkarawangi Mohon Tunggu... Jurnalis Warga
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Upsus Ketahanan Pangan Babinsa Claket Dampingi Petani Pengolahan Lahan

25 Juni 2019   17:45 Diperbarui: 25 Juni 2019   17:59 0 0 0 Mohon Tunggu...
Upsus Ketahanan Pangan Babinsa Claket Dampingi Petani Pengolahan Lahan
Foto Pendim 0815 Mjk

Mojokerto, -  Babinsa Claket Koramil 0816/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto Sertu Samirun melaksanakan pendampingan pengolahan lahan sawah anggota Poktan Sumber Tani-1, Dusun Claket, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (25/06/19) pagi.

Pengolahan sawah seluas 0,2 hektar milik Ahmadun, menggunakan satu unit traktor tangan TR2 dilakukan untuk percepatan tanam pasca-panen bulan ini sekaligus mempersiapkan masa tanam berikutnya. Demikian disampaikan Babinsa Claket, Sertu Samirun di sela-sela pendampingan.

Sertu Samirun menambahkan, pembajakan sawah menggunakan traktor tangan TR2 ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah. "Kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur dan melumpur, sehingga saat ditanami, akar padi dapat tumbuh dan berkembang leluasa," tambahnya.

"Pendampingan ini dilakukan untuk memotivasi para petani agar lebih semangat dalam mengolah lahan sawah dengan tujuan untuk mencapai ketahanan pangan di wilayah," pungkas Sertu Samirun.

Foto Pendim 0815 Mjk
Foto Pendim 0815 Mjk
Sementara pemilik lahan, Ahmadun, anggota Poktan Sumber Tani--1 Dusun/Desa Claket sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa di lapangan.  Selain terjun langsung ke sawah, lanjutnya, Babinsa juga sering menghimbau para petani di desanya untuk mempercepat tanam seusai panen, mempersiapkan benih padi yang akan ditanam dan mengolah lahan sawah secara tepat dan benar sesuai petunjuk PPL setempat.

Usai pendampingan pengolahan lahan milik Ahmadun, Sertu Samirun juga melakukan pengecekan hama tanaman padi di lahan seluas 0,5 hektar yang ditanami jenis padi varietas Mamberamo, milik Imron, anggota Poktan Sumber Tani--2, Dusun Mligi, Desa Claket.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x