Mohon tunggu...
Muhammad Zaenuddin
Muhammad Zaenuddin Mohon Tunggu... Anak Malas

Seorang pemalas yang sewaktu-waktu jadi graphic designer. Kadang suka jalan-jalan, suka pantai, Japan addict. Sementara ini sedang tersesat di Yogyakarta. Masih berada di jalan pulang, dan belum kunjung sampai di rumah.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menikmati Kesegaran Wisata Air Gratis Jogja, Umbul Pajangan atau Umbul Saren

17 Januari 2020   14:41 Diperbarui: 17 Januari 2020   14:43 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Kesegaran Wisata Air Gratis Jogja, Umbul Pajangan atau Umbul Saren
Dok. pribadi

Baru-baru ini, muncul satu tempat wisata air di Jogja. Lokasi ini sangat digandrungi karena gratis. Tempatnya sih sederhana, tapi lumayan bikin segar. Namanya adalah Umbul Saren. Oya soal nama ini, katanya tempat ini sudah ada sejak dulu, tapi namanya Umbul Pajangan. Saya sendiri kenapa nyebutnya Saren, karena pertama kali tau dari teman ya namanya itu. 

Umbul Saren ini lokasinya di desa Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman. sekitar 20 menit dari tengah kota. Menariknya, untuk menikmati kolam mata air ini, kita tidak dipungut biaya. Jadi mau berendam berapa lamapun, bebas. Hanya saja, kita tetap membayar biaya parkir, Rp. 2000/motor. Mungkin karena masih baru ya, makanya masih gratis. Entah besok kalo sudah terkenal dan dikelola, mungkin akan ada tiket masuk.

Saya tidak begitu tau soal sejarah tempat ini. Dari sekilas yang saya lihat, umbul Saren ini seperti kolam mata air untuk pengairan sawah. Jadi sengaja ditembok sebagai tempat penampungan air. Ada pintu pengaturan air keluar masuk ke sawah. Walaupun dikelilingi tembok, tapi dasarnya masih alami, tidak disemen melainkan pasir halus. Aman untuk berenang dan airnya juga langsung dari mata air. Selain airnya yang segar, pemandangannya juga sejuk. Sekelilingnya ada hamparan sawah yang luas, udaranya juga sesegar airnya. Buat bersantai enak banget.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Karena langsung dari mata air, umbul Saren ini airnya sangat jernih. Apa lagi airnya terus mengalir, bukan air tampungan. Jadi selalu jernih, karena airnya diperbarui terus dari mata airnya, mengalir ke sawah. Satu lagi yang unik, bentuk bangunan kolam penampungannya ini mirip seperti bunker perang jaman penjajahan, tidak seperti kolam atau umbul pada umumnya. Misalnya saja, umbul Ponggok dan umbul Manten di Klaten.

Sedikit cerita, tadi nyebur rasanya segar sekali. Saya yang ragu karena tidak bisa berenang nekat nyebur, karena melihat teman lain yang lain pada asik. Tadi kebetulan kedalaman airnya kurang lebih satu setengah meter, makanya saya masih berani nyebur. Jadi buat yang ingin wisata segar-segar gratis, datang saja ke sini, siapa tau besok-besok malah sudah dimintai bayaran. Tidak usah khawatir karena tidak bisa renang, airnya tidak terlalu dalam. Kecuali untuk anak-anak, perlu pendampingan. Meskipun tempatnya sederhana, keliatan horor seperticamp genosida, tapi tempatnya rekomendasi banget, karena airnya segar, jernih, bersih.

Semoga masyarakat dan juga wisatawan yang berkunjung bisa sama-sama menjaga umbul Saren ini, demi kelestariannya, biar kedepannya tetap bersih dan segar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x