Mohon tunggu...
Ana Atikah
Ana Atikah Mohon Tunggu... Lainnya - @atikahanaaa

Seorang mahasiswa dan asisten apoteker yang hobi menulis dan jalan-jalan.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesona Curug Walet

30 Januari 2023   16:10 Diperbarui: 30 Januari 2023   17:10 473
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selain puncak, Bogor juga terkenal dengan banyak curug yang cantik nan eksotis. Salah satunya adalah Curug Walet. Curug ini terletak di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Curug Walet memiliki pemandangan indah dan asri dengan dua mata air yang terhubung dan aliran air yang deras, serta satu mata air yang debit airnya lebih kecil berada di bawahnya. 

Harga tiket masuknya yaitu Rp 20.000,- per orang, tetapi sebelum memasuki bagian curug biasanya ada biaya parkir untuk kendaraan bermotor mulai dari Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- per motor.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Perjalanan menuju Curug Walet memang tidak semudah kelihatannya. Dari area tempat parkir, kita masih harus melewati jalanan setapak yang menanjak dan penuh dengan bebatuan besar. Namun di sepanjang perjalanannya, kita akan melihat pemandangan gunung dan langit serta pepohonan dan sawah yang begitu indah. 


Jangan sampai terlewat untuk mengabadikannya. Diharapkan membawa minuman agar tak kehausan sepanjang perjalanan, karena letak warung yang ada cukup jauh. Selain itu, disarankan memakai sepatu atau sandal gunung karena jalanan cukup licin, apa lagi ketika hujan turun. 

Baca juga: Short Trip di Bogor

Setelah berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit, kita akan menemukan sebuah warung. Di sana kita bisa memesan makanan seperti mie instan, atau menikmati teh manis hangat. Eitsss, tapi perjalanan belum selesai.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Kita masih harus melewati jalanan menurun, menanjak, jembatan bambu, hingga bebatuan besar dan gemericik aliran air curug. Di sini, kita harus memerhatikan setiap langkah kaki saat melaluinya. Sebab, jalan kecil dan cukup licin. Setelah itu, kita akan bertemu pada curug yang pertama. 

Debit airnya kecil, dan cocok untuk bersantai di bebatuan atau berenang-renang. Curug kedua agak sulit untuk bersantai atau berenang, karena debit airnya besar dan cukup dalam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun