Maraknya marketplace ecommerce di Indonesia mendorong para pemasar menggunakan banyak promosi untuk mencari pengunjung sebanyak-banyaknya. Para pelaku ecommerce ini sangat aktif menargetkan pengguna smartphone yang kini sangat aktif dalam melakukan pembelian melalui aplikasi. Semua jaringan promosi mereka gunakan mulai dari sosial media hingga pemasaran offline (above the line dan below the line) mereka lakukan demi mendatangkan pengunjung yang banyak.
Layaknya sebuah mini market, marketplace di design dengan tampilan yang menarik agar para pengguna dapat memilih produk kebutuhannya dengan mudah. Mulai dari kemudahan dalam pencarian produk melalui kategori hinggak kolom pencarian yang membesaskan para penggunanya untuk mengisi sesuai kebutuhan produk yang di cari.
Di dalam studi prilaku konsumen dikenal dengan istilah Impulse Buying atau unplanned buying yang memiliki arti pembelian yang di lakukan oleh konsumen tanpa sengaja atau tanpa di rencanakan, pada mini market umum biasanya mereka akan menempatkan produk yang sekiranya bisa dibeli tanpa perlu di rencanakan atau di niatkan. Dengan harapan konsumen membeli produk tersebut secara cepat tanpa berfikir panjang.
Lalu bagaimana marketplace ecommerce menerapkan impulse buying atau unplanned buying ini di dalam bisnis mereka?
Bayangkan sebuah marketplace adalah sebuah mini market yang bisa di kunjungi di jalanan, mini market menata produknya sesuai kategori, dan produk apa yang mereka tempat kan di kasir baik di meja kasir ataupun etalase bagian bawah meja kasir? Perhatikan lah produk-produk tersebut biasanya adalah seperti permen atau cemilan kecil yang biasanya langsung di beli karena harganya terjangkau. Bagaimana dengan marketplace ecommerce? marketplace ecommerce biasanya pengunjung akan di sajikan dengan promosi-promosi yang di lakukan oleh marketplace tersebut, seperti flash sale atau diskon pada tampilan awal website.
Berdasarkan hasil desk research dari beberapa media dan jurnal, berikut ini yang menjadi pemicu pengunjung melakukan impulse buying pada marketplace ecommerce:
- Gratis ongkir
Adanya harga kirim yang di terpisah dengan harga produk menjadi salah pertimbangan konsumen melakukan pembelian di marketplace ecommerce. Gratis ongkir ini menjadi tawaran yang menarik bagi konsumen karena akan mengurangi harga yang harus mereka bayarkan. Gratis biaya kirim ini menguntungkan konsumen yang berada di luar kota maupun yang berada di dalam kota.
2. Pengurangan harga
Berbeda dengan diskon, pengurangan harga adalah penurun harga yang di lakukan oleh penjual di dalam platform marketplace tersebut. Pengurangan harga biasanya di lakukan pada situasional event yang menjadi salah satu kegiatan kampanye marketplace tersebut. Contoh seperti penentuan harga yang sama dengan tanggal tertentu.
3. Tampilan yang menarik