Lihat ke Halaman Asli

Yusep Hendarsyah

Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Startup dan Peluang Masa Depannya

Diperbarui: 13 Februari 2018   06:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sepuluh aplikasi yang sering diupdate, sumber DailySocial.id

Dasar Kudet alias Kurang Update !

Beberapa teman Kantor sedang keranjingan mengirimkan persyaratan peminjaman Dana tunai non bunga dengan cicilan yang sangat lama . Kemudahan ini seperti virus menyebar ke seluruh bagian dari lantai dasar hingga lantai yoga Kantor Kami. Apa yang dilakukan mereka sebenarnya adalah Salah satu contoh fintech aliasa financial technology. May perusahaan yang bergerak dibidang fintech ini sering disebut sebagai basil dari usaha star up sebagai perusahaan rintisan.

Perusahaan rintisan ini diartikan merujuk pada semua perusahaan yang Belum lama beroperasi.Wikipedia. Mungkin hanya sebagian kecil orang saja yang tahu apa itu perusahaan starup dan kenapa ini ada dan berkembang . Boomingnya starup dimulai ketika era dot.com mulai di mana saat bersamaan Banyak perusahaan berdiri. 

Sebagai orang biasa dan bukan pula sebagai orang kaya yang ingin berinvestasi di starup tentu saja tak terlalu mementingkan seberapa kuat perusahaan ini bisa bertahan. Padahal menurut Danny, Salah satu investor  laporan starup ini sangat membantunya until melihat gambaran Gatos besar perkembangan teknologi Dan ekosistem internet di Indonesia, sehingga dapat menjadi pedoman dalam mempertimbangkan keputusan Dalam berinvestasi.

Danny Wirianto sendiri juga sebagai CMO dari GDP Venture yang juga dikenal sebagai Angel Investor. Setiap  hari sebagai konsekuensi logisnya mereka wajib membaca laporan yang ada dan melihat tren investasi dari dalam maupun luar negeri, tapi laporan tahunan akan sangat ditunggu karena merupakan executive summary tentang pergerakan industri starup beserta ekosistemnya ditahun yang lalu beserta prediksi perkembangannya ditahun berikutnya.

Para Blogger Belajar Tentang Startup

Tahun 2018 baru saja bergulir dua bulan, ada space sebelum menentukan mana starup yang bisa diprediksi bertahan dan mana perusahaan yang akan diakuisisi. Lihatlah whatsap, gopay,kudo, dan lainnya selain mendapat suntikan dana yang sangat besar karena dibeli oleh perusahaan lainnya. Oleh karena itu saya tertarik dengan statement Danny yang mengatakan perusahaan startup itu paling lama 3 tahun berdiri. "banyak starup gulung tikar karena terlalu banyak mendengarkan advice advice yang tidak perlu"Ujarnya ketika ditanyakan kenapa starup tidak bertahan lama di Indonesia?

Suasana Acara Rilis Laporan Starup 2017 yang dihadiri media dan para blogger , lokasi Three Buns Senopati

Saat ini, di Tahun 2018 menurut data dari DailySocial.id  sudah ada lebih dari 230 starup di negeri ini, bahkan 4 diantaranya berhasil menjadi star up unicorns, dengan nilai investasi  sebesar 1.6 s.d 2.8 Juta Dollar Amerika. Perkembangan ini tidak terlepas dari semakin banyak kebutuhan akan Gaya hidup digital di Indonesia. Dari bangun tidur sampai mau tidur kembali gadget plus internet selalu digenggaman tangan.

Kondisi perpolitikan di Indonesia baik menjelang pilkada serentak maupun pilpres 2019 setidaknya membawa perusahaan perilaku masyarakat kita. Penegasan aturan hukum dengan  penggunaan transaksi elektronik  (UU No 11 Tahun 2008) menjadi kita dewasa mana yang boleh dan mana yang tidak dibolehkan dalam beraktivitas di dunia Maya. Pertumbuhan startup di Tahun 2018 khususnya media akan tetap tumbuh, setidaknya itulah gambaran yang saya baca dari data olahan yang dikeluarkan oleh lembaga  DailySocial.id yang CEO nya adalah Rama Mamuaya.

Setiap tahun, lembaga yang dipimpinnya mencoba mengumpulkan semua informasi mengenai ekosistemnya industri teknologi di Indonesia dan mengemasnya dalam bentuk laporan singkat yang diharapkan bisa membantu para stakeholder untuk bisa melihat gambar besar pergerakan industri di Indonesia

Sebagai bangsa yang berpenduduk besar kombinasi penggunaan aplikasi internet yang sering digunakan adalah :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline