Lihat ke Halaman Asli

Let's Learn English 15092023

Diperbarui: 16 September 2023   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Capaian Umum Fase D

Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal. Peserta didik dapat menggunakan berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak ketika memahami informasi tersirat. Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris.

Menulis - Mempresentasikan

Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks informasi, imajinasi dan persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat.

By the end of Phase D, students communicate their ideas and experience through simple, organized paragraphs, demonstrating a developing use of specific vocabulary and simple sentence structures. Using models, they plan, create and present informative, imaginative and persuasive texts in simple and compound sentences to structure arguments and to explain or justify a position. They include basic information and detail, and also vary their sentence construction in their writing. Students express ideas in the present, future, and past tenses. They use time markers, adverbs of frequency and common conjunctions to link ideas. Their attempts to spell new words are based on known English letter-sound relationships and they use punctuation and capitalization with consistency.

--------

Alur Tujuan Pembelajaran (Menulis - Mempresentasikan)

Pada akhir Fase D, peserta didik 

  • mengomunikasikan ide melalui paragraf sederhana dan terstruktur
  • mengomunikasikan pengalaman melalui paragraf sederhana dan terstruktur 
  • menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dalam kalimat sederhana
  • menunjukkan perkembangan dalam penggunaan struktur kalimat sederhana.
  • membuat perencanaan teks informasi  dengan menggunakan kalimat sederhana
  • menulis teks informasi dengan menggunakan kalimat sederhana
  • menyajikan teks informasi dengan menggunakan kalimat sederhana
  • membuat perencanaan teks imajinasi dengan menggunakan kalimat sederhana
  • menulis teks imajinasi dengan menggunakan kalimat sederhana
  • menyajikan teks imajinasi dengan menggunakan kalimat sederhana
  • membuat perencanaan teks  persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana
  • menulis teks persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana
  • menyajikan teks persuasi dengan menggunakan kalimat sederhana 
  • membuat perencanaan teks informasi  dengan menggunakan kalimat majemuk
  • menulis teks informasi dengan menggunakan kalimat majemuk
  • menyajikan teks informasi dengan menggunakan kalimat majemuk
  • membuat perencanaan teks imajinasi dengan menggunakan kalimat majemuk
  • menulis teks imajinasi dengan menggunakan kalimat majemuk
  • menyajikan teks imajinasi dengan menggunakan kalimat majemuk
  • membuat perencanaan teks  persuasi dengan menggunakan kalimat majemuk
  • menulis teks persuasi dengan menggunakan kalimat majemuk
  • menyajikan teks persuasi dengan menggunakan kalimat majemuk 
  • menyusun argumen 
  • menjelaskan suatu pendapat
  • mempertahankan suatu pendapat.

--------

Kegiatan 1: Mari kita susun kata-kata pada setiap baris berikut menjadi kalimat yang benar, berlatihlah membacanya. Gunakan Google Translate.

19.-I-am = I am 19. = Saya berumur 19 tahun.


a-bag.-I-need
an-ice cream.-Get-me
a-goal.-I-made
a-pencil.-I-have
a-bonus.-I-got
a-book.-I-have
a-boy.-I-am
a-cab.-I-need
a-car.-I-have
a-car.-I-need
a-car.-I-own
a-cat.-I-had
a-cat.-I-have
a-cold.-I-have
a-cook.-I-am
a-date.-I-have
a-day.-Give-me
addicted.-I'm
addicted.-He is
a-dog.-I- have
a-dog.-I-keep
a-dog.-I-saw
a-few candies.-Give-me
agree.-I
agreed.-I
a-spoon.-Give-me
a-fork.-I-have
a-hug.-Give-me
a-hug.-I-need
a-jam.-I'm-in
a-job.-Give-me
a-job.-I-found
a-job.-I-have
a-job.-I-need
a-job.-I-want
a-key.-I-have
a-kid.-I-have
a-lion.-I-see
a-lot.-I-burp
a-lot.-I-cried
a-lot.-I-dream
a-lot.-I-read
a-lot.-I-talk
a-lot.-I-want
a-lot.-I-work
a-man.-I-am
a-map.-I-need
a-nap.-I-need
anemic.-I'm
angry.-I'm
angry.-I'm
a-pen.-I-have
a-pen.-I-need
a-plan.-I-have
apologize.-I
a-ring.-I-have
a-runner.-I-am
a-second.-Give-me
a-son.-I-have

Kegiatan 2: Mari merubah kalimat di atas menjadi kalimat negatif

I don't need a bag. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline