Lihat ke Halaman Asli

Veronica B L

full time student

5 Taktik Menggunakan Keyword dalam SEO dan SEM

Diperbarui: 6 Oktober 2021   00:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: sea.pcmag.com

Kata kunci atau keyword termasuk unsur penting dalam penulisan digital,lho. Untuk menjangkau pembaca secara lebih mudah, pemilihan kata kunci perlu diperhatikan.

Penelusuran menjadi kegiatan yang kerap kali kita lakukan di platform digital, dan kata kunci yang kita masukkan berpengaruh terhadap informasi yang akan kita terima.

Masalahnya, banyak sekali informasi dan laman yang dapat ditampilkan oleh search engine. Lalu bagaimana agar tulisan kita dapat ditemukan secara mudah oleh pembaca?

Tulisan ini mencakup 5 taktik terkait kata kunci untuk mencapai posisi atas dalam indeks penelusuran, yang diusung oleh Tobias Ebner dan Levin Granitza pada buku The SEO Book.

1. Riset terhadap kata kunci

Lakukan riset atau pencarian data tentang target pembaca. Pemilihan kata untuk keyword tidak hanya dikaitkan dengan isi konten, namun juga menyesuaikan target pembaca.

Keyword tidak hanya terdiri atas satu kata, dan kesinambungan antar kata kunci perlu disesuaikan agar target lebih spesifik. Siapa target yang anda tuju? Pertanyaan itu perlu dijawab sebelum anda merumuskan kata kunci.

2. Tipe-tipe kata kunci

Pahami perbedaan kata kunci. Tobias dan Levin menggolongkan kata kunci menjadi tiga:

  • Komersil

Intensi kata kunci mengarah pada persuasi dan promosi. Misalnya seperti kata kunci "Beli iPad Pro", hasil penelusuran yang cenderung muncul berkaitan dengan penjualan iPad.

  • Informatif
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline