Lihat ke Halaman Asli

Mencicipi Portugis Zaman Old di Senado Square Macao Yang Kekinian

Diperbarui: 28 Desember 2017   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senado Square (Sumber foto : https://www.instagram.com/macaoindonesia/)

Salah satu hamparan sejarah terindah dari Kota Macao adalah melimpahnya bangunan tua yang benilai tinggi. Ini adalah salah satu keajaiban dari kota Macau (WonderfulMacao). Di sana banyak sekali ditemukan deretan gedung - gedung klasik yang tertata rapi dan elegan. Salah satunya adalah bangunan Senado Square.  Wilayah  Senado Square adalah plaza yang merupakan jantung kota Macao. Gaya bangunannya berarsitektural Portugis dan  dikelilingi bangunan-bangunan bersejarah berwarna klasik. Paving lantainya juga unik, memberi kesan sebuah kota modern dengan gaya yang sangat Eropa.

Paving lantai Senado Square yang bermotif gelombang (Sumber foto: https://www.instagram.com/macaoindonesia/)

Menurut cerita dari mulut ke mulut, Senado Square termasuk yang paling banyak dicari oleh para wisatawan. Senado Square adalah keajaiban (WonderfulMacao).  Senado Square adalah  landmark Macao karena mudah diingat lantaran kumpulan bangunan bergaya Eropa. Tiap gedung dicat dengan warna-warni menarik.  Cobalah mampir sejenak. Ada area beristirahat di sekitar air mancur yang sangat luas.  Tempatnya sangat cocok digunakan sebagai wadahberkumpul sambil bersantai bersama keluarga dan teman-teman. Tak hanya menikmati gedung-gedung megah, di Senado Square para wisatawan juga bisa bebas berbelanja.

Kehangatan Kota Senado Square

Di Plaza Senado Square aroma atmosfer bangunan mediterianian rada kental. Kumpulan  bangunan tua masih berfungsi hingga saat ini. Perpaduan budaya Tiongkok dan seni arsitek Portugis menjadikan banguan ini otentik dan indah, ditambah dengan jalanan yang dihiasi keramik yang cantik. Bangunan Senado Square sendiri masuk ke dalam daftar warisan UNESCO, karena merupakan bagian dari pusat sejarah Macao. Banyak pelancong datang kemari hanya untuk menikmati keindahannya.  Menurut pemandu wisata, plaza Senado Square juga menjadi pusat  belanja segala macam khas Macao. Ada banyak pedagang kaki lima yang memberikan tester gratis untuk makanan yang dijual, biasanya buah segar, buah kering, atau kue-kue yang enak.  Di Plaza keren ini, biasanya juga menjadi tempat pertunjukan tarian atau kembang api dan atraksi pada perayaan khusus, seperti perayaan musim semi, Hari Raya Imlek dan Natal.

Sudut malam Senado Square dengan imbuhan hiasan perayaan Imlek(Sumber foto : PROlhongchou's photography https://www.flickr.com/photos/lhongchou/8470899700/)

Banyak informasi beredar bahawa Senado Square itu ruang bebas publik yang sangat hangat.  Serupa dengan komplek bangunan tua museum fatahillah di Kota Jakarta.  Atau mirip dengan hamparan alun-alun kota Yogyakarta.  Titik kumpul Senado Square adalah pusat keramaian manusia yang lalu lalang bergerak. Banyak manusia hilir mudik melintas karena Senado Square merupakan lintasan penghubungan antara bangunan Praia Grande dengan lokasi pelabuhan bagian dalam.  

Senado Square : Surga Pejalan Kaki

Kehangatan Senado Square yang disukai pejalan kaki (Sumber foto : Richo in OZ, https://www.flickr.com/photos/blokeonabike/3192114344/)

Alun-alun Senado Square bernama asli  Largo do Senado.  Titik temu  Senado Square ada di bagian tengah dalam  dari wilayah Peninsula Macao. Luas dari alun-alun ini  yaitu 3700 meter persegi. Di Macao ada empat alun-alun kota yang terbesar yaitu Senado Square, Praa do Centro Cultural, Praa do Lago Sai Van dan Praa do Tap Seac.  Wilayah Senado Square adalah yang terbesar.

Deretan bangunan tua yang kokoh, megah dan rapi menjadi daya tarik Senado Square.  Bangunan klasik bercita rasa seni tinggi di zamannya, menjadi penghibur mata yang mengundang rasa kagum.  Di komplek Senado Square, banyak turis yang wara-wiri yang  terpesona.  Banyak yang berfoto mengabadikan keajaiban bangunan tersebut (WonderfulMacao).  Banyak photo-photo di media sosial Instagram yang menampilkan pesona dan  keunikan Senado Square.  Para turis bertutur di instagramnya  soal uniknya deretan paving lantai yang bermotif gelombang. Bersinar, bersih dan terawat semua paving yang ada di Senado Square. Semutpun malu untuk wara-wiri di Senado Square.

Air Mancur di alun - alun Senado Square (Sumber foto : Andrew Moore, https://www.flickr.com/photos/andryn2006/34908084593)

Alun -- alun Senado Square : Surga belanja Bagi Perempuan

Senado Square merupakan deretan koridor yang sangat panjang. Sebuah selasar yang luas dan nyaman sehingga membuat kaum hawa betah berada di kawasan ini. Apalagi di lorong - lorong Senado Square banyak toko-toko yang tertata rapi menjajakan barang dagangan.  Salah satu bagian dari kawasan Senado Square yang penuh dengan toko adalah Avenida Almeida Ribeiro. Di tempat ini  banyak pedagang yang menawarkan aneka ragam busana, mulai pakaian anak-anak, pakaian dalam pria dan wanita, sepatu, aksesoris,  hingga aneka souvenir.

Deretan toko di Macau (Sumber foto : Macao Indonesia https://www.instagram.com/macaoindonesia/)

Di area  lain di kawasan Senado Square, ada tempat bernama  Rua da Polha. Ini juga merupakan  salah satu pusat perbelanjaan yang menawarkan beragam jenis pakaian, jam tangan, dan juga aksesoris, seperti jam tangan, tas sepatu dan berbagai produk dengan model terbaru. Di pojok jalan Avenida Almirante Lacerda dan Avenida Horta e Costa, juga ada sebuah pasar yang cukup ramai. Banyak  para pedagang kaki lima  dan kuliner jalan yang meramaikan pasar ini.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline