Lihat ke Halaman Asli

setiyo purwanto

psikologi mindfulness therapy

"Mindfulness" Sudah Diajarkan Rasulullah

Diperbarui: 23 April 2021   07:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konsep mindfulness dalam Islam. | pexels

MIndfulness atau Ihsan dalam islam sudah menjadi pilar utama di dalam agama islam. Cuma yang membedakan adalah mindfulness dalam ISlam yang di sadari adalah Allah yang dekat dan selalu bersama sedangkan mindfulness dari selain Islam adalah kesadaran akan keadaan yang dialami sekarang.

Baca Juga: Upaya Mencintai Diri dengan Menerapkan Mindfulness

jadi disini sangat beda yaitu pada objek yang disadari yaitu Allah apa tidak, jika yang disadari Allah maka islam jika tidak berarti bukan islam. KIta sudah tahu bahwa pilar Islam ada 3 yaitu Iman, Islam dan Ihsan. Nah Ihsan ini yang merupakan ajaran mindfulness. 

Aplikasi dari Mindfulness ini sederhanan sekali, yatu menyadari bahwa Allah selalu bersama, dan setiap perbuatan harus di niatkan karena Allah, artinya setiap perbuatan adalah karena perintah Allah yang terkait dengan amanah amanah yang Allah bebankan pada dirinya.

Baca Juga: Belajar Menghayati Aktivitas Tanpa Penilaian Melalui Mindfulness

Melatih mindfulness secara islam ini akan dapat menjadikan hidup kita akan lebih sadar dan lebih menyadari apa apa yang sedang kita alami sekarang ini dan disini ini. Maka di padepokan patrap yang saya bina saya mengajarkan tentang Dzikir Nafas Sadar Allah, artinya melatih mindfulness melalui nafas agar hidup selalu berkesedaran baik kita beribadah ataupun dalam aktivitas sehari hari. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline