Lihat ke halaman asli

Ronny Rachman Noor

Geneticist

TERVERIFIKASI

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Mengenal Ailurophobia, Ketakutan Terhadap Kucing

Diperbarui: 8 Januari 2017   19:23

Ketakutan terhadap kucing atau yang dikenal dengan Ailurophobia dapat mempengaruhi cara hidup. Ilustrasi: manolith.com

Kucing adalah sahabat dekat manusia, dengan berbagai bentuk tubuh, warna, pola warna, kemanjaan dan sifat bersahabat kucing lainnya membuat kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit manusia. Namun bagi sebagai orang, kucing justru menjadi hewan yang sangat menakutkan dan bahkan ketakutan ini sampai pada tahap phobia.

Diperkirakan di dunia ini sebanyak 20% orang mengalami perasaan takut yang luar biasa terhadap binatang. Ketakutan pada kucing merupakan salah satu yang paling umum. Perasaan ketakutan yang luar biasa terhdap kucing ini dikenal dengan Ailurophobia, yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti ailouros yang berarti kucing dan phobos yang berarti ketakutan.

Ailurophobia bukanlah masalah yang ringan sebab orang yang memiliki phobia ini dapat berdampak dan mempengaruhi kehidupan sehari-harinya. Sebagian besar phobia muncul akibat pengalaman masa kecil yang sangat menakutkan yang pernah dialami seseorang dan pengalaman ini terpatri dalam pikirannya dan terbawa sampai memasuki usia dewasa. Sebagai contoh seorang anak yang pernah dicakar atau digigit kucing dapat saja berkembang manjadi trauma dan rasa ketakutan ini berkembang menjadi Ailurophobia.

Penyebab lainnya dapat saja dirasakan oleh seorang anak jika pernah melihat ibu atau anggota keluarga lainnya takut pada kucing dan bereaksi dengan ekspresi ketakutan yang luar biasa jika melihat kucing.

Jadi sebenarnya Ailurophobia tidak saja dapat timbul dari pengalaman buruk masa lalunya terkait dengan kucing, namun dapat juga timbul dengan melihat reaksi orang yang ketakutan terhadap kucing. Di samping itu Ailurophobia dapat saja merupakan refleksi dari ketakutan lainnya yang selama ini tidak dapat diatasinya, seperti misalnya takut akan kegelapan.

Gejala Ailurophobia

Orang yang mengalami Ailurophobia biasanya memperlihatkan reaksi panik jika bertemu dengan kucing. Di samping itu biasanya orang yang mengalami kelainan ini berusaha menghindari bertemu dengan kucing.

Ketika bertemu dengan kucing biasanya orang yang mengalami Ailurophobia akan lari dan memperlihatkan tingkah laku mempertahankan diri seolah olah akan diserang oleh kucing. Tingkah laku ketakutan ini biasanya diikuti oleh jantung berdenyut lebih cepat, gemetar, sakit dada, pusing, mual, merasa tercekik, dan bulu kuduk berdiri.

Orang yang mengalami Ailurophobia biasanya akan melakukan tindakan apa saja agar tidak bertemu dengan kucing, seperti misalnya menyeberang jalan secara tergesa-gesa dan melompat. Reaksi ini sering kali menempatkan orang yang mengalami Ailurophobia ada dalam bahaya akibat reaksinya yang berlebihan.

Orang yang mengalami phobia ini juga mencoba untuk tidak menonton film atau siaran TV yang diperkirakan akan muncul kucing dalam tayangannya atau menghindari berkunjung ke tempat kerabat yang di rumahnya ada kucing.

Bagaimana cara mengatasinya?

Halaman Selanjutnya


Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline