Lihat ke Halaman Asli

Ropiyadi ALBA

Tenaga Pendidik di SMA Putra Bangsa Depok-Jawa Barat .

Menghidupkan Kembali Jurusan IPA, IPS, dan Bahasa Pada jenjang SMA, Langkah Maju atau Mundur?

Diperbarui: 17 April 2025   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar:https://www.melintas.id/pendidikan/

Sejak diberlakukannya Kurikulum Merdeka, siswa SMA tidak lagi diwajibkan memilih jurusan secara ketat seperti IPA, IPS, atau Bahasa. Mereka bebas memilih mata pelajaran lintas bidang sesuai minat dan bakat. Kebijakan ini menekankan personalisasi pendidikan dan penguatan kompetensi lintas disiplin.

Namun, muncul rencana dari Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah untuk menghidupkan kembali jurusan IPA, IPS, dan Bahasa pada jenjang SMA.  Rencana ini menimbulkan pro-kontra dan membuka ruang diskusi lebih luas.

Tujuan dari Rencana Kebijakan 

  1. Meningkatkan Kedalaman Ilmu
    Jurusan memungkinkan siswa fokus mendalami bidang tertentu, terutama dalam mempersiapkan diri untuk jenjang pendidikan tinggi yang semakin kompetitif.

  2. Efisiensi Kurikulum dan Pembelajaran
    Guru dapat mengajar dengan pendekatan lebih spesifik dan mendalam. Kurikulum pun lebih terstruktur.

  3. Kejelasan Arah Karier dan Studi Lanjut
    Siswa diarahkan lebih awal sesuai minat dan kompetensi yang dikuasai.

  4. Meningkatkan Disiplin Akademik
    Fokus pada bidang tertentu diyakini dapat meningkatkan kualitas dan kedalaman pemahaman siswa.

Analisis SWOT

1. Strengths (Kekuatan)

  • Spesialisasi Akademik Dini: Memungkinkan pembinaan talenta akademik lebih awal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline