Lihat ke Halaman Asli

Penguatan Inisiatif Politik untuk Guru di SD Muhammadiyah 5 Bumiaji Kota Batu oleh Mahasiswa PMM UMM Melalui Pendidikan Politik

Diperbarui: 6 Februari 2024   19:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan PMM UMM (dokpri)

Malang - Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hirilisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiya Malang (UMM) umm.ac.id. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan dengan bermitra bersama  Bapak Ali Roziqin S.A.P., MPA., Drs. Krisno Hadi, M. A., dan Yana Syafriyana Hijri S.IP., M. IP.  Melalui program penguatan inisiatif politik ini ialah program yang dibuat oleh mahasiswa program studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang yang melaksanakan PMM di SD Muhammadiyah 5 Bumiaji Kota Batu untuk menunjang program lanjutan dari kegiatan PMM sebelumnya yaitu terkait Bullying dan PHBS kepada siswa dan siswi SD Muhammadiyah 5 Bumiaji Kota Batu. Untuk program insiatif politik ini sasaran yang di tuju ialah jajaran guru dan staff di SD tersebut.

Penguatan insiatif Politik ini dilakukan dengan cara sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi politik. Sosialisasi kepada guru dan staff di sekolah ialah upaya untuk meningkatkan pemahaman politik dan partisipolitik masyarakat terutama guru dan staff. Sosialisasi politik ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang paham akan politik dan siap berpartisipasi aktif dalam kehidupan politik di masa yang akan datang. 

Kegiatan PMM UMM (dokpri)

Sosialisasi dilakukan dengan mengambil tema komunikasi politik. Komunikasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia. Setiap makhluk sosial dalam berinteraksi dengan manusia lainnya dengan berkomunikasi. Politik sendiri ialah suatu sistem negara yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuannya. Dalam sosialisasi politik ini juga mengaitkan tentang kesadaran politik. Dimana kesadaran politik masyarakat sangat diperluka sebab keikut sertaan masyarakat dalam berpolitik ini bisa memberikan pengaruh dalam dunia perpolitikan dan penyelenggaraan pemerintah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline