Lihat ke Halaman Asli

Nazwa EkaPutri

Universitas Negeri Jakarta

Strategi PT Paragon Technology and Innovation dalam Menguasai Pasar Kosmetik & Industri FMCG Indonesia

Diperbarui: 4 Mei 2025   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

PENDAHULUAN

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan beberapa merek produk kecantikan ternama seperti Wardah, Labore, Kahf, Tavi, hingga Emina. Merek-merek ini ternyata berada di bawah naungan perusahaan produksi yang sama yakni PT Paragon Technology and Innovation yang berasal dari Indonesia. Ini menjadikan Paragon sebagai salah satu perusahaan yang memimpin dalam industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods) di Indonesia. Jadi sebenarnya apa yang membuat PT Paragon Technology and Innovation mampu bertahan dan berkembang pesat di industri yang sangat kompetitif ini? Hal ini akan terjawab dalam tujuh aspek utama yang membentuk keberhasilan PT Paragon Technology and Innovation: strategi bisnis, pasar dan pelanggan, operasi, keuangan, inovasi, pesaing, hingga regulasi.

PEMBAHASAN

1. Strategi Bisnis Paragon

Sebagai perusahaan yang menjadi produsen merek-merek kecantikan ternama, keberhasilan Paragon tidak hanya berasal dari kualitas produk, kemampuan Paragon dalam kategori bertransformasi secara internal sangat menarik. Transformasi dalam strategi bisnis ini terlihat dari: 

- Strategi Bisnis Berlandaskan Transformasi Digital

Hal ini terlihat dari integrasi teknologi digital yang mencakup operasional hingga pemasaran produk. Efisiensi, inovasi produk, serta pemberian pengalaman yang lebih baik bagi konsumen dapat tercapai lebih signifikan. Digitalisasi Paragon juga terlihat dari adaptasi terhadap tren yang efektif, dan jangkauan pasar yang lebih luas melalui platform e-commerce dan media sosial.

- Penguatan Riset dan Pengembangan Produk

Riset yang dilakukan oleh Paragon menjadi cara agar tetap relevan dengan preferensi konsumen. Pendekatan melalui tren sosial dan budaya menjadi bahan dalam menghasilkan produk yang berinovasi dan memberikan solusi bagi konsumen dengan tetap memperhatikan nilai dari segi kecantikan, kesehatan, maupun keberlanjutan.

2. Pasar dan Pelanggan: Membangun Loyalitas di Pasar yang Dinamis

Penyesuaian produk dengan berbagai segmen seperti pada merek Wardah dengan target konsumen Muslim dengan produk halal, Emina yang menargetkan konsumen muda dengan harga terjangkau, sementara Make Over melayani segmen premium dengan produk inovatif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline