Lihat ke Halaman Asli

muhammad rafi adhiyaksa

Unniversitas Negeri Semarang

Efektivitas Penggunaan Media Realita Dalam Pembelajaran PKWU dibidang Seni Tari Kelas-XI,SMA negeri 16 Semarang

Diperbarui: 18 Oktober 2025   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Foto Pembelajaran PKWU, Sumber : Rafi Adhiykasa) 

Pembelajaran PKWU bidang seni tari selama ini banyak mengandalkan media gambar untuk menyampaikan materi. Namun, metode ini seringkali kurang efektif karena siswa hanya mendapatkan pemahaman visual yang terbatas. Sebagai alternatif, penggunaan media produk realita — seperti kostum tari, properti asli (kipas, selendang, topeng), dan alat musik tradisional — menjadi solusi yang lebih interaktif dan konkret.


Melalui produk nyata, siswa dapat melihat, menyentuh, dan merasakan langsung benda-benda yang biasa digunakan dalam pertunjukan tari. Hal ini mempermudah siswa dalam memahami fungsi dan cara penggunaannya, serta meningkatkan minat belajar. Dibandingkan gambar, produk realita memberikan pengalaman belajar yang lebih lengkap, karena melibatkan aspek visual, motorik, dan emosional.

Selain itu, penggunaan produk nyata juga memudahkan proses evaluasi pembelajaran, karena siswa dapat langsung mempraktikkan materi dengan menggunakan alat yang sebenarnya. Dengan demikian, siswa mampu memahami materi lebih cepat dan mendalam.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline