Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Proyek Komunikasi Mahasiswa Amikom Yogyakarta di Omah Kopi Borobudur

Diperbarui: 25 Agustus 2022   18:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kegiatan Proyek Komunikasi banyak dilakukan untuk mengelola Komunikasi agar dapat tercapai kebutuhan kebutuhan yang ditargetkan oleh pengelola proyek. Begitupula dengan Kami Mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta yang menjalankan tugas proyek komunikasi. 

Disini Kami memilih Mitra Kerja "Omah Kopi Borobudur" yang Terletak di sekitar area Candi Borobudur, lebih tepatnya di Desa Kerug Batur, Karang Baur,  Majaksingi, Kecamatan Borobudur Jawa Tengah. Pertama yang kami lakukan sebelum mengajukan tawaran bekerja sama, Kami mendiskusikan terlebih dahulu bersama tim proyek komunikasi kami untuk memilih dan meneliti mitra yang akan diajak bekerja sama. 

Selanjutnya, Tim akan menghubungi pihak mitra untuk menanyakan kapan waktu yang tepat untuk bisa bertemu langsung dan membahas tawaran proyek akan kita Ajukan. 

Kemudian setelah tim Proyek Komunikasi dan mitra berhasil dan telah mencapai kesepakatan kerjasama, Tim dari Proyek Komunikasi dari Amikom Yogyakarta Akan langsung menuju tempat lokasi untuk melihat situasi serta kondisi terkini yang ada di Omah Kopi Borobudur, selain itu tim Proyek Komunikasi juga melakukan wawancara singkat dengan pemilik atau owner Kopi Borobudur. 

Setelah melihat situasi serta kondisi dari Kopi Borobudur tim telah memutuskan apa saja rencana proyek yang akan dilakukan di Omah Kopi Borobudur guna membantu mengembangkan Kopi Borobudur yang mana rencana tersebut dipresentasikan yang dihadiri oleh pemilik Kopi Borobudur serta Tim Proyek Komunikasi. 

Mungkin Disetiap tempat pasti memiliki kopi dengan ciri khas yang mereka masing-masing seperti halnya Omah Kopi Borobudur yang mana proses pembuatan kopi tersebut diolah secara Home Made atau buatan rumahan, mulai dari proses panen biji kopi sampai proses hasil menjadi bubuk kopi. 

Namun yang menjadi permasalahan disini yaitu, letak lokasi yang kurang strategis serta akses jalur yang sulit membuat wisatawan kesusahan untuk menuju tempat Omah Kopi Borobudur ini, Serta promosi yang belum maksimal di akun media sosial sehingga kurang berdampak pada mereka. 

Maka dari itu kita mencoba untuk menyelesaikan atau setidaknya meringankan masalah tersebut, dengan mulai mencoba pengenalan produk-produk ke sosial media (Instagram,Tik-Tok).

Serta masalah akses dan lokasi yang kurang strategis dan jarang diketahui orang orang, kami memutuskan untuk membuat papan plang petunjuk arah yang mengarahkan ke jalur yang nantinya akan sampai ke Omah Kopi Borobudur, yang diharapkan akan menjadi petunjuk jalan jika mana ada yang kebingungan mencari lokasi dari Kopi Borobudur, karena memang kita tau didaerah sana memang susah sinyal atau kadang malah tidak ada sinyal. 

Untuk Lebih rinci kami akan memaparkan kegiatan Proyek Komunikasi yang kami lakukan di Omah Kopi Borobudur, Yaitu sebagai berikut:

  • Pembuatan dan Pengembangan konten di Instagram dan Tiktok
  • Pembuatan dan Pemasangan plang petunjuk arah
  • Membuat logo untuk Omah Kopi Borobudur
  • Mendaftarkan Omah Kopi Borobudur ke marketplace Shopee
  • Membuat dan memasang papan kenangan untuk pengunjung yang datang
  • Membuat desain menu dan feeds instagram
  • Pembuatan company profile Omah Kopi Borobudur

Tidak lupa Bapak Ismoyo, selaku Owner dari Omah Kopi Borobudur mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta karena telah membantu di bidang pengelolaan sosial media. Program proyek komunikasi ini telah kami laksanakan pada 24 Maret 2022 sampai dengan 18 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline