Saya sering menghabiskan waktu yang cukup lama Ketika bermain game, apakah ada teman-teman yang pernah mengalami hal yang sama? Pernahkah kita merasa waktu berlalu begitu cepat saat bermain game? Tiba-tiba sudah jam 2 pagi, padahal tadi niatnya cuma main sebentar. Fenomena kecanduan game ini bukan tanpa alasan. Para pengembang game punya "senjata rahasia" yang membuat kita betah berlama-lama di depan layar. Mari kita bedah tuntas mengapa game begitu membuat banyak orang candu.
Sistem Level dan Reward
Salah satu alasan paling kuat mengapa game bisa membuat kita ketagihan adalah sistem level dan reward yang dirancang dengan sangat cerdik. Bayangkan ini: kamu memulai sebuah game dari nol, karaktermu lemah, dan tantangan terasa berat. Tetapi, setiap kali kamu berhasil menyelesaikan misi, mengalahkan musuh, atau mengumpulkan item, kamu mendapatkan poin pengalaman (experience points) yang membuat karaktermu naik level.
Naik level itu rasanya nagih! Ada perasaan puas ketika melihat karakter milik kita menjadi lebih kuat, membuka kemampuan baru, atau mendapatkan perlengkapan yang lebih baik. Ini adalah siklus positif yang terus-menerus memicu otak kita untuk ingin tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Kita berjuang mati-matian, menghabiskan waktu lebih lama, hanya untuk merasakan sensasi "naik level" dan mendapatkan hadiah.
Selain naik level, game juga membanjiri kita dengan berbagai bentuk reward lainnya. Ada reward instan seperti koin, item langka, atau unlock kostum baru. Ada juga reward yang lebih besar seperti membuka area baru, alur cerita yang lebih mendalam, atau bahkan mendapatkan pengakuan dari pemain lain. Semua reward ini dirancang untuk memicu pelepasan dopamin di otak kita, yaitu zat kimia yang terkait dengan kesenangan dan motivasi. Semakin banyak dopamin yang dilepaskan, semakin besar kemungkinan kita akan mengulang perilaku tersebut.
Tantangan yang Tepat: Tidak Terlalu Mudah, Tidak Terlalu Sulit
Pernahkah kamu merasa bosan dengan game yang terlalu mudah? Atau frustrasi dengan game yang terlalu sulit? Para desainer game sangat memahami hal ini. Mereka merancang kurva kesulitan yang sangat cermat. Game yang adiktif biasanya menawarkan tantangan yang "pas": tidak terlalu mudah sehingga kita tidak cepat bosan, namun juga tidak terlalu sulit hingga membuat kita menyerah.
Ketika kita menghadapi tantangan yang sedikit di atas kemampuan kita saat ini, dan kita berhasil mengatasinya, ada rasa kepuasan yang luar biasa. Ini memicu kita untuk terus mencoba tantangan berikutnya, dan seterusnya. Pengalaman ini menciptakan perasaan "flow state", di mana kita benar-benar tenggelam dalam aktivitas tersebut, sampai-sampai lupa waktu dan lingkungan sekitar.
Komunitas dan Interaksi Sosial: Merasa Bagian dari Sesuatu
Banyak game modern, terutama game online multiplayer -seperti Mobile Legend, PUBG mobile, Free Fire- memanfaatkan aspek sosial untuk membuat pemain tetap terlibat. Bermain bersama teman, bergabung dengan guild atau klan, dan bersaing dengan pemain lain di seluruh dunia bisa menjadi daya tarik yang sangat kuat.