Lihat ke Halaman Asli

Bantu UMKM, Sekelompok Mahasiswa UM Lakukan Promosi Digital

Diperbarui: 18 Oktober 2022   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pada tanggal 14 Oktober 2022, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang beranggotakan 4 orang, yaitu Anggita, Leony, Raihan, dan Shaila membantu salah satu pelaku umkm untuk mempromosikan usaha lewat media digital. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah umum Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn), adapun tugas yang dimaksud adalah tugas mini proyek pengabdian masyarakat.

Target UMKM yang terpilih berlokasi di dekat kampus Universitas Negeri Malang (UM), tepatnya di daerah Ambarawa, UMKM yang dipromosikan oleh sekelompok mahasiswa tersebut yaitu Pisang Geprek 5758 (Maju Mapan). Adapun pelaku usaha tersebut bernama Yoyon Suryono. Pak Yoyon mengaku bahwa dia baru saja membuka usaha pisang geprek sekitar bulan September kemarin, bisa dibilang baru 1 bulan membuka usaha. 

Hal ini di latar belakangi oleh adanya pandemi yang membuat Pak Yoyon banting setir untuk membuka usaha pisang geprek tersebut. Sebelum membuka usaha pisang geprek Pak Yoyon menjual salad buah, tetapi melihat peluang yang sangat kecil jadi dia berganti untuk lebih memilih menjual pisang geprek. Hal ini juga dikarenakan pisang geprek masih belum memiliki banyak pesaing di kota Malang,jadi  memiliki peluang yang lebih besar untuk berhasil.

dokpri

Mengenai promosi digital, lewat Instagram misalnya, Pak Yoyon mengaku belum memiliki akun Instagram dan belum tahu cara untuk mempromosikan usaha yang dimilikinya lewat media digital tersebut. Selama ini Pak Yoyon hanya melakukan promosi lewat WhatsApp saja. Karena belum memiliki akun Instagram , sekelompok mahasiswa UM membuat akun Instagram untuk usaha pisang geprek Pak Yoyon, mereka juga membantu promosi dengan cara mengupload video promosi pisang geprek 5758 pada akun media sosial mereka masing-masing.

dokpri

Maka target pasar yang dituju tentunya  seluruh mahasiswa UM serta masyarakat umum yang tinggal di sekitar kampus UM.Hal ini jelas akan memberikan dampak yang sangat besar  pada tingkat keramaian usaha ini.Karena dapat dikatakan bahwa lokasi usaha ini sangat strategis.Selain dekat dengan kampus,lokasi nya berada pada daerah yang banyak dikunjungi mahasiswa khususnya untuk membeli makan.

Adapun jika promosi digital yang mereka lakukan berhasil membuat UMKM milik Pak Yoyon ramai pembeli, Pak Yoyon akan berinisiatif untuk menambahkan Pisang Geprek 5758 pada platform digital lainnya, seperti GoFood dan ShopeeFood.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline