Lihat ke Halaman Asli

Irfan Maulana

Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Awal Tahun 2021, Indonesia Dirundung Bencana

Diperbarui: 19 Januari 2021   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber :  Kompas TV

  Memasuki awal tahun 2021 di bulan Januari , Indonesia tengah mengalami masa sulit dan dirundung bencana . Belum lagi ditambah dengan masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini yang hingga saat ini kasusnya masih cukup tinggi . Inilah yang menjadi perhatian bersama dan masyarakat tetap diminta untuk tetap waspada dengan berbagai cuaca , misalnya intensitas hujan yang terbilang cukup tinggi akhir-akhir ini sehingga munculnya seperti banjir .

Diawali dari pada tanggal 9 Januari 2021 , dimana ada peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak yang sebelumnya sempat dikabarkan hilang kontak dikawasan Pulau Lancang dan Pulau Laki di Kepulauan Seribu .

Selain itu masih pada tanggal yang sama di 9 Januari 2021 , terjadinya bencana tanah longsor di daerah Cihanjuang Sumedang Jawa Barat yang hingga saat ini total ada 40 orang . 

Berlanjut pada tanggal 12 Januari 2021 , terjadinya bencana banjir Kalimantan Selatan , dan lebih tepatnya berada di kawasan Barabai Banjar , Banjarmasin Kalimantan Selatan . Selain itu , bapak presiden Joko Widodo juga langsung meninjau lokasi banjir pada beberapa waktu lalu .

Kemudian masih pada tanggal yang sama yaitu tanggal 12 Januari 2021 , terjadinya banjir Jawa Timur , yang lebih tepatnya berada di daerah Wonosari , Tempurejo , Jember Jawa Timur . Dan menteri sosial Ibu Tri Rismaharini juga sempat mendatangi posko banjir .

Kemudian berlanjut masih pada tanggal yang sama yaitu tanggal 12 Januari 2021 , terjadinya banjir Sumatera Utara , yang lebih tepatnya berada di daerah Medan Sumatera Utara . Dan menurut informasi , banjir ini diakibatkan oleh sistem drainase yang rusak .

Kemudian masuk pada tanggal 13 Januari 2021 , terjadinya banjir di Kalimantan Barat , yang lebih tepatnya berada di daerah Ledo , Sanggau Ledo , Seluas Jagoi , Siding di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat . 

Sorotan berikutnya adalah pada tanggal 16 Januari 2021 , yaitu terjadinya gempa di daerah Sulawesi Barat , yang lebih tepatnya berada di daerah Majene Sulawesi Barat dengan kekuatan 6,2 Skala Richter (SR) pada pukul 01.28 WIB . Dikabarkan juga di daerah Mamuju Sulawesi Barat , gedung kantor Gubernur Sulawesi Barat rubuh dan ambruk akibat gempa yang terjadi . Selain itu diinformasikan juga , bapak presiden Joko Widodo juga sempat meninjau lokasi dari area kantor gubernur Sulawesi Barat yang ambruk .

Berikutnya adalah pada tanggal 16 Januari 2021 , yaitu terjadinya erupsi Gunung Semeru yang meliputi 2 daerah yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang Jawa Timur . Dan terjadi sekitar pada pukul 17.48 WIB .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline