Mohon tunggu...
Hen AjoLeda
Hen AjoLeda Mohon Tunggu... Buruh - pengajar dan pegiat literasi, sekaligus seorang buruh tani separuh hati

menulis dan bercerita tentang segala hal, yang ringan-ringan saja

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Sate Kambing Abah Turi-Ende: Surga Kuliner di Kota Ende

20 Mei 2024   09:04 Diperbarui: 25 Mei 2024   18:30 721
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Kota Ende, yang terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur, tidak hanya terkenal sebagai tempat pengasingan Bapak Proklamasi Indonesia, Ir. Soekarno, tetapi juga sebagai persinggahan menuju Taman Nasional Kelimutu yang memukau. 

Namun, ada satu lagi daya tarik yang membuat kota ini layak untuk disinggahi, yaitu kulinernya. Salah satu tempat makan yang sangat direkomendasikan adalah Warung Sate Kambing Abah Turi-Ende. 

Berlokasi di Jalan Kelimutu, Kelurahan Potulando, Kecamatan Ende Tengah, warung ini menyajikan hidangan yang mampu menggugah selera siapa pun yang mencobanya.

Warung Sate Kambing Abah Turi-Ende bukanlah nama baru di kalangan pencinta kuliner. Warung ini merupakan salah satu cabang dari beberapa warung yang tersebar di kota Ende dan dikelola oleh generasi kedua dari pemilik asli. 

Popularitasnya tidak hanya terletak pada nama besar, tetapi juga pada kualitas hidangannya yang konsisten lezat dan menggugah selera.


Sumber Gambar: Dokumen Pribadi
Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Keunggulan Hidangan

Sate Kambing menjadi menu utama di warung ini. Daging kambing yang empuk dan bumbu kacang yang kaya rasa menjadi kombinasi yang sulit ditolak. 

Bumbu kacangnya tidak hanya sekadar pelengkap, tetapi memberikan cita rasa khas yang membuat sate ini berbeda dari sate kambing pada umumnya. 

Selain sate kambing, Gulai Kambing juga menjadi menu favorit warung ini. Kuahnya yang kental dan kaya rempah menjadikan hidangan ini istimewa. Tidak terlalu berat di perut, gulai ini menjadi pilihan tepat untuk makan siang yang mengenyangkan tanpa merasa kekenyangan.

Warung ini juga menawarkan variasi menu lain seperti Soto Ayam, Nasi Campur, Ikan Bakar, dan Ikan Goreng. Dengan beragam pilihan, pengunjung tidak hanya terbatas pada hidangan kambing saja, tetapi juga bisa menikmati variasi lain yang tidak kalah lezat.

Fasilitas dan Lokasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun