Ambon_INFO PAS - Sebagai upaya meningkatkan reputasi baik Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan, Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan menyelenggarakan kegiatan workshop Pelatihan dibidang Komunikasi Publik, dalam acara tersebut Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Maluku diwakili oleh Dua orang Petugas atas Nama Heri Waikero dan Andhika Setia Panayungan, Senin (28/7)
Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 27-29 Juli 2025 bertempat di Merapi Merbabu Hotel Bekasi, mengangkat Tema “MABAR (Maju Bareng) Komunikasi Publik Kemenimipas : Satu Suara, Seribu Cerita”, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan,Asep Kurnia
Salah satu rangkaian acara yang menjadi sorotan adalah pemberian piagam penghargaan Kantor Wilayah Berprestasi, yang diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan komunikasi (Kapusdatin) Kemenimipas,M. Akbar Hadi Prabowo.
Pada pemberian penghargaan ini, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Maluku, berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam
Kegiatan tersebut. Penghargaan pertama diberikan sebagai Terbaik I Kantor Wilayah terproduktif membuat laporan 13 Program Akselerasi, sementara penghargaan kedua sebagai Terbaik I Kantor Wilayah paling aktif mempublikasikan berita di website Kemenimipas.
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Ditjenpas Maluku, Ricky Dwi Biantoro yang ditemui menyampaikan penghargaan ini adalah bukti kerja keras Rekan-Rekan Humas Kanwil maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Maluku yang berperan aktif dalam menggelorakan citra positif kementerian imigrasi dan pemasyarakatan pada setiap publikasi pemberiaan maupun penyampaian laporan 13 Program Akselerasi Kemenimipas secara cepat, tepat dan efisien kepada Publik. Humaslapaspiru
Tema MABAR (Maju Bareng) Komunikasi Publik Kemenimipas: Satu Suara, Seribu Cerita" mengusung konsep kolaborasi dan kebersamaan. Para Operator Kehumasan akan diajak untuk saling berbagi pengalaman dan belajar bersama dalam menciptakan narasi komunikasi yang kuat dan berdampak.
Dalam Sambutannya,Sekretaris Jenderal Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan Asep Kurnia menyampaikan Humas adalah garda terdepan dalam menciptakan citra reputasi positif di kementerian imigrasi dan pemasyarakatan sesuai dengan Undang - Undang No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik merupakan dasar utama bahwa pelayan publik untuk menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu sederhana, tujuannya adalah untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, transparan, efektif dan efisien serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan.
“Kegiatan ini sejalan dengan upaya Kemenimipas untuk memperkuat citra positif kementerian di mata publik. Melalui pelatihan ini, diharapkan para operator Kehumasan dapat menguasai berbagai keterampilan komunikasi publik yang relevan, sehingga mampu menyampaikan informasi dan pesan penyelenggara negara secara efektif dan konsisten,” ungkap Sekretaris Jenderal Kemenimipas
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI