Lihat ke Halaman Asli

Herumawan P A

Pernah menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Menyukai olahraga sepakbola, sedang belajar menjadi citizen Juornalism dan suka menulis apapun. Mulai dari artikel sepak bola, cerita remaja, cerita pendek, cerita anak hingga cerita misteri.

Membayangkan "The New Normal" di Sepak Bola

Diperbarui: 27 Mei 2020   12:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: medcom.id

Kehadiran Virus Corona di tengah masyarakat dunia sudah mengubah segalanya. Semua aspek kehidupan terkena dampaknya. Tak terkecuali sepak bola. Kompetisi pun sempat dihentikan selama kurang lebih dua bulan. Penyebabnya ada pemain dan official klub yang terkena Virus Corona atau sebagai antisipasi saja. Tapi ada pula yang masih menggulirkan kompetisi sepak bolanya. Seperti di Belarusia, Nikaragua, Tajikistan dan Burundi.

Sumber gambar: pikiran-rakyat.com

Sumber gambar: pikiran-rakyat.com

Setelah kurang lebih dua bulan dihentikan, ada kompetisi yang diteruskan seperti Bundesliga, (mungkin) Liga Inggris, (mungkin Liga Spanyol. Tapi ada pula yang dihentikan total seperti Liga Belgia, Liga Perancis, Liga Belanda, Liga Argentina. 

Sepak bola dunia memang harus beradaptasi dengan kehadiran Virus Corona. Bukan hanya klub tapi seluruh stake holder sepak bola harus siap menyambut "the new normal" di sepak bola.

images-4-5ecdf803097f3612394e2802.jpg

Sumber gambar: pixabay.com

Apa saja yang mungkin bakal menjadi "the new normal" di sepak bola? Mari membayangkannya.

Yang pertama, stadion akan tampak kosong. Pertandingan akan digelar tanpa penonton. Tapi kalau di Indonesia nanti, mungkin bisa jadi akan sedikit berbeda. Stadion masih bisa diisi sekitar 50 persen penonton dengan menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum masuk ke stafion, mirip-miriplah sama aturan yang berlaku angkutan umum atau KRL hehehehe.

Yang kedua, mungkin tak akan ada lagi pemain satu tim berfoto bersama sebelum pertandingan dimulai, jabat tangan antar pemain dan dengan wasit,jabat tangan antar pelatih (sebelum dan sesudah pertandingan seperti yang biasa dilakukan di Liga Inggris). Tukar menukar logo federasi dan jabat tangan antar kapten tim sebelum kick off mungkin akan ditiadakan semenentara waktu. Tukar menukar jersey antar pemain selesai pertandingan mungkin tak akan diperkenankan.

Berbagai selebrasi seperti melepas jersey setelah mencetak gol lalu melemparkannya ke arah suporter, memeluk pemain yang menceak gol hingga bersujud mungkin tak akan dilakukan. Mungkin tak terlihat lagi pemain yang berani meludah atau menyemprotkan ingus dari hidungnya di lapangan. Kalau sampai terjadi, mungkin pertandingan akan di-stop dulu lalu lapangannya disemprot disinfekatan hehehehehe. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline