Lihat ke Halaman Asli

Fian Fian

Si vis pacem, para bellum

Dianggap Sama, tapi 6 Jenis Pemimpin Ini Memiliki Makna Berbeda Loh

Diperbarui: 7 November 2019   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

converterino.online

Kepemimpinan (leadership) dalam Bahasa Arab disebut juga khilafah, imarah dan imamah. Kepemimpinan adalah proses memengaruhi pikiran dan tindakan orang lain juga menjadi uswatun hasanah bagi pengikutnya agar dapat mencapai tujuan organisasi tersebut.

Dalam hal ini pemimpin memiliki amanah dan tanggung jawab baik terhadap anggota maupun terhadap Allah SWT, oleh karena itu pemimpin ideal adalah pemimpin yang harus memiliki sifat shidiq, amanah, tabligh dan fathanah. 

Terkadang kita sering bingung membedakan apakah itu khalifah dan apakah itu imam? Ini dia beberapa perbedaan tersebut:

1. Khalifah

Khalifah adalah sebutan untuk sang pelayan rakyat ia juga seorang pemimpin agama dan pemimpin dunia. Pemilik setiap elemen kekuasaan baik itu eksekutif, legislatif maupun yudikatif.

Dilain pihak makna khalifah juga disematkan pada kita selaku individu. Jadi bukan hanya pemimpin saja yang dapat bergelar khalifah. Kita juga adalah khalifah yang bertugas untuk memakmurkan bumi Allah dan mengamalkan petunjuk al-Qur'an.

2. Imam

matakita.co

Imam dapat diartikan dengan panutan dalam konteks agama. Ia juga merupakan pemimpin saat kita melaksanakan shalat. Ada juga imam masjid yaitu pemimpin di masjid tersebut adapula imam keluarga sebagai pemimpin tertinggi keluarga.

3. Raja

www.pinterest.com › pin

Raja adalah pemilik setiap elemen kekuasaan baik itu eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Berbeda dengan khalifah, raja lebih bersifat otoriter dan berbagai keputusannya tidak dapat diganggu gugat oleh siapa pun. Rakyatpun harus tunduk atas segala kebijakannya.

4. Sultan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline