Lihat ke Halaman Asli

Fatimah Nur Fadillah

Mahasiswa Universitas Airlangga

Yuk Intip Strategi Bisnis Mie Gacoan! Awas Ramai Orderan Kalau Sudah Tau Ini

Diperbarui: 5 Juni 2022   16:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

image source : https://www.miegacoan.com

Semua orang pasti sudah tahu tentang kuliner yang satu ini. Bahkan sebagian besar orang setidaknya pernah satu kali mencicipi rasa dari kuliner ini. Tak heran mengapa outlet olahan mie ini selalu ramai, karena memang dari segi harga dan rasa berani diadu dengan olahan mie di kelasnya. "Rasa bintang lima, Harga kaki lima" sepertinya sangat cocok untuk menjadi tagline dari mie ini. Apa lagi kalau bukan "Mie Gacoan". Olahan mie yang viral saat ini.

Mie Gacoan saat ini sudah membuka 20 outlet yang tersebar di kota Malang, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Bandung, Cirebon, Bali dan akan terus melebarkan sayapnya di seluruh Indonesia sesuai dengan visinya yaitu "menjadi merk restaurant mie terbaik dan terbesar di Indonesia" yang dituliskan di blog resmi https://www.miegacoan.com . Visi dari Mie Gacoan ini sepertinya perlahan akan terwujud dilihat dari antusiasme masyarakat dengan menu yang ditawarkan oleh restoran ini. Setiap outlet baru yang mereka buka, pasti langsung selalu penuh dengan antrean pelanggan dan ojek online.

Sudah banyak informasi di internet tentang pemilik bisnis Mie Gacoan, yaitu pengusaha muda yang bernama Harris Kristanto. Pada awalnya, Harris merintis bisnisnya di Kota Malang dengan membuka outlet kecil dan bekerjasama dengan layanan delivery seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood pada tahun 2016. 

Ternyata bisnis kecil di tahun 2016 tersebut dapat berkembang pesat hingga sekarang dengan outlet yang sudah tersebar di wilayang Jawa-Bali dengan total karyawan sebanyak 3.000 orang. Tahun ini Harris mempunyai target untuk terus mengembangkan bisnisnya hingga bisa menyentuh 5.000 karyawan serta 100 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lantas, mungkin beberapa dari kita sempat berpikir bagaimana bisa Harris mengembangkan bisnisnya yang semula hanya outlet kecil namun sekarang bisa melejit seperti sebuah roket yang akan menuju ruang angkasa? Jawabannya ada di strategi bisnis yang diterapkan dan bukan hal yang mustahil untuk kita tiru dalam mengembangkan bisnis kita. Di video youtube Foodizz Channel, M Syarif Hidayatullah membongkar rahasia strategi Mie Gacoan untuk memenangkan persaingan dengan harga produk yang tepat sesuai target market mereka, yaitu :

  • Efisiensi Produksi
    Memanfaatkan waktu dan bahan baku semaksimal mungkin untuk produksi. Kita bisa menggunakan bahan yang setengah jadi sehingga waktu produksi akan lebih singkat dan dapat menekan modal yang dikeluarkan oleh perusahaan.
  • Produksi Gila-gilaan
    Dengan permintaan dari para konsumen yang tinggi, maka Mie Gacoan mengambil bahan baku dari tangan pertama sehingga harganya lebih murah dan sekali beli langsung dalam jumlah yang besar. Semakin banyak membuat suatu produk, maka semakin kecil biaya produksinya.
  • Memaksimalkan Sedikitnya Variasi Produk
    Menu utama yang ditawarkan oleh Mie Gacoan adalah mie dan dimsum, sehingga mereka hanya perlu fokus terhadap dua jenis menu ini dan dapat mengembangkannya menjadi beberapa variasi. Contohnya pada menu mie di Mie Gacoan ada variasi Mie Angel untuk yang suka mie asin namun tidak pedas, Mie Setan untuk yang suka pedas  dan ada variasi Mie Iblis untuk yang suka mie manis dengan tingkat pedas yang dapat diatur sesuai selera. Cara ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan manu utama yang ditawarkan kepada target pasar. Langkah pertama yaitu dengan buat orang lain penasaran lalu buat ketagihan dengan menu utama. Selanjutnya jika sudah mulai terbiasa dengan menu utama ini, dapat memunculkan side dish atau variasi menu lainnya.

Cara diatas dapat meningkatkan omset bisnis namun dengan catatan harus didampingi dengan ilmu dan ide-ide kreatif  serta insight dari yang sudah berpengalaman. Kunci yang paling penting dari sebuah bisnis adalah sabar dan tekun untuk menjalaninya.

Kemudian jika sudah memiliki ilmunya, jangan ragu untuk take action, jangan hanya berenang di kepala yaa kawan bisnis! Goodluck :)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline