Lihat ke Halaman Asli

Doni Bastian

TERVERIFIKASI

blog : www.donibastian.com

Islam Abangan, Konde, dan Kidung

Diperbarui: 7 April 2018   10:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Kanigoro News

Di Jawa khususnya, ada sebutan atau istilah "Islam Abangan". Apa itu?
Mereka adalah orang-orang yang mengaku beragama Islam, tapi tidak menjalankan ibadah sesuai Syariat Islam atau mereka beribadah tapi hanya sesekali saja.

Konon kabarnya, kata 'Abangan' ini diambil dari nama Syekh Lemah Abang atau Syekh Siti Jenar, yang dulu pernah mengajarkan paham "Manunggaling Kawula Gusti" di tanah Jawa.  'Manunggaling Kawula Gusti' maksudnya kurang lebih adalah bahwa Tuhan menyatu di dalam diri manusia.  Aliran ini menganggap jika seseorang sudah memiliki sifat-sifat dan perilaku yang baik, maka tak perlu lagi menjalankan ibadah kepada Tuhan.

Mungkin karena terpengaruh dengan adanya aliran tersebut, mereka lalu beranggapan bahwa dalam hidup ini yang penting adalah berbuat baik dan tidak ingin merugikan orang lain. Jadi, mereka bahkan tidak tau, apa itu Syariat Islam yang sebenarnya.

Kaum Islam Abangan ini  sangat menjunjung tinggi warisan budaya dari leluhur mereka dan tak mau mengikuti budaya asing atau ikut-ikutan dengan tren masa kini. Mereka khususnya kaum perempuan, masih senang memelihara rambut yang panjang agar bisa digelung menjadi berbentuk konde.

Ketika menghadiri sebuah acara pernikahan adat Jawa, kaum perempuan ini tak mau menggunakan konde palsu, sebab memang rambut mereka panjang-panjang dan bisa di jadikan konde. Merekapun sangat bangga dengan konde asli miliknya itu.

Mereka juga masih senang memakai kudung (kerudung) untuk sekadar menutupi rambutnya jika sedang bepergian ke suatu tempat atau bertamu ke rumah tetangga atau sanak familinya. Perempuan Jawa ini terkenal dengan keramahan dan perilakunya yang santun dan selalu menyapa siapapun yang ditemuinya.

Jika malam tiba, perempuan jawa ini suka menyenandungkan lagu-lagu jawa (kidung) ketika menemani tidur anak-anaknya. Karena suaranya yang lembut dan sedikit berbisik-bisik membuat suasana makin tenteram dan damai, sehingga anak-anaknya menjadi cepat tertidur pulas.

#donibastian




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline