Lihat ke Halaman Asli

Mutiara Rizky

seorang mahasiswi yang sedang menunggu wisuda

DouFuNao, Makanan Khas Harbin yang Mirip Salah Satu Makanan di Indonesia

Diperbarui: 18 April 2021   08:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliner. Sumber ilustrasi: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com/Rembolle

Harbin adalah Kota yang terletak di Utara China. Harbin adalah Ibukota Provinsi HeiLongJiang dan menjadi kota metropolitan terdingin sedunia. di Harbin juga ada Festival Es tahunan yang dimulai setiap tanggal 20 desember. 

DouFuNao adalah makanan khas harbin yang memiliki kemiripan dengan makanan di Indonesia. DouFuNao sendiri dalam arti Bahasa Inggri memiliki arti "Tofu Brain" kalau di indonesia biasa dikenal dengan kembang tahu. 

Kalau di Indonesia kembang tahu disajikan hangat dan manis, menggunakan kuah dari gula merah yang dicairkan dengan air lalu ditambah daun pandan agar wangi dan juga diberi jahe agar semakin hangat. Kalau di Harbin dan kota lain di China menyajikan kembang tahu dengan kuah yang asin. Kuah yang asin ini berasal dari kaldu daging dan juga diberi campuran jamur kuping atau jamur shitake. Kalau di Beijing disajikan juga dengan potongan cakwe. DouFuNao ini juga menjadi menu sarapan di beberapa kota lain. 

Author : Mutiara Rizky Lesmana, Pemegang Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI Prodi D4 Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti 2017




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline