Lihat ke Halaman Asli

Ziddan Alghifari

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Inilah Beberapa Jenis Sate Khas dari Indonesia

Diperbarui: 16 Maret 2021   19:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sate / freepik

Halo sobat kompasiana, pada artikel kali ini saya akan membahas makanan khas Indonesia yaitu Sate. Sate merupakan makanan dari Asia Tenggara dengan daging yang dibumbui, ditusuk dan dibakar, disajikan dengan kuah. 

Berasal dari masakan Indonesia, sate dapat terdiri dari daging ayam, kambing, kambing, daging sapi, babi, ikan, daging lainnya, atau tahu yang dipotong dadu atau diiris; tusuk sate bambu sering digunakan, sedangkan olahan gaya pedesaan menggunakan tusuk sate dari pelepah pelepah kelapa. Ini dipanggang atau dibakar di atas api kayu atau arang, lalu disajikan dengan berbagai bumbu pedas. 

Sate bisa disajikan dalam berbagai macam saus; namun, paling sering disajikan dengan kombinasi kecap dan saus kacang. Makanya, sambal kacang sering disebut sambal sate. Ini populer sebagai jajanan pinggir jalan, tetapi telah menyebar ke hampir semua tempat di Indonesia, di mana ia telah menjadi hidangan nasional. 

Sate Indonesia sering disajikan dengan kecap manis-kecap manis, dan sering disertai dengan lontong, sejenis lontong, meski keragaman negara telah menghasilkan berbagai macam resep sate. Ini juga populer di banyak negara Asia Tenggara lainnya termasuk Brunei, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Itu juga diakui dan populer di Suriname dan Belanda. Khas utama dari sate Thailand adalah dimasukkannya daging babi sebagai pilihan daging, dan saus kacang ala Thailand. 

Di Sri Lanka, ini telah menjadi makanan pokok masyarakat setempat sebagai hasil dari pengaruh komunitas Melayu setempat. Mirip dengan yakitori dari Jepang, koru chun dari Cina, seekh kebab dari India, shish kebab dari Turki dan Timur Tengah, shashlik dari Kaukasus, dan sosatie dari Afrika Selatan. Itu terdaftar di nomor 14 dalam polling pembaca 50 makanan terlezat dunia yang disusun oleh CNN Go pada tahun 2011.

Asal dan Sejarah Menurut Kamus Inggris Oxford, kata bahasa Inggris sate berasal dari kata Melayu, juga atau dalam bahasa Indonesia, akhirnya berasal dari dari bahasa Tamil untuk menyebut puncak seperti sate di atapnya.

Berikut beberapa jenis sate yang berasal dari Negara kita sendiri, Indonesia, yaitu:

SateAmbal: Sate varian dari Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Sate ini menggunakan jenis unggas asli, ayam kampung. Kuahnya tidak berbahan dasar kacang tanah, melainkan tempe giling, sambal dan bumbu halus. Daging ayam direndam selama sekitar dua jam agar lebih gurih. Sate ini dilengkapi dengan ketupat.

Sate Ayam: Sate ayam, jenis sate yang paling banyak beredar di Indonesia.

Sate Banjar: Varian sate ayam yang populer di Kalimantan Selatan, khususnya di kota Banjarmasin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline