Lihat ke Halaman Asli

Kunjungan Literasi Mahasiswa KKN di SD Inpres Batangkaluku Terapkan Metode Inovatif Untuk Kuatkan Karakter dan Minat Baca

Diperbarui: 12 Oktober 2025   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) sukses menyelenggarakan kegiatan Kunjungan Literasi di SD Inpres Batangkaluku yang berfokus pada peningkatan minat baca dan kemampuan ekspresi diri siswa. Melalui dua program kerja inovatif, "Aku dan Pahlawanku" dan "Petualangan Literasi Sekolah", para mahasiswa berhasil menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan penuh makna bagi 60 siswa kelas IV dan V.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 21-25 Juli 2025 ini bertujuan untuk menjawab tantangan rendahnya motivasi belajar dan literasi di kalangan siswa sekolah dasar yang kini banyak teralihkan oleh gawai digital. Dua mahasiswa menjadi motor penggerak program ini dengan pendekatan yang unik dan komplementer.

Program pertama, "Aku dan Pahlawanku", yang digagas oleh Nabila Widyaningrum, Mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2022, mengajak siswa untuk mengenali dan menghargai sosok pahlawan dalam kehidupan mereka. Siswa diberi ruang untuk menuliskan kisah, pesan, dan ungkapan terima kasih kepada orang tua, guru, atau kerabat terdekat.

"Tujuan utama kami adalah membangun jembatan emosional melalui tulisan. Kami ingin anak-anak sadar bahwa literasi bukan hanya soal membaca buku, tetapi juga tentang kemampuan mengekspresikan perasaan secara tulus," jelas Nabila. "Melihat keberanian mereka bercerita di depan teman-temannya dan bagaimana tulisan mereka dipajang sebagai mading kelas adalah sebuah pencapaian luar biasa. Ini tidak hanya melatih keberanian, tetapi juga menumbuhkan rasa empati."

Program kedua, "Kegiatan Aplikasi Model Belajar Literasi Dengan Menggabungkan Metode Gamifikasi Di Luar Kelas", dirancang oleh Fahmi Ariz Dharmawan Amba, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2022. Program ini mengubah halaman sekolah menjadi arena permainan edukatif. Siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok dan ditantang untuk menyelesaikan berbagai misi literasi di beberapa pos.

Fahmi menjelaskan latar belakang programnya, "Kami melihat siswa butuh metode yang relevan dengan dunia mereka, yaitu permainan. Dengan gamifikasi, kami mengubah kewajiban membaca menjadi sebuah petualangan yang seru. Mereka tidak hanya belajar tentang 'latar tempat' dalam cerita secara teoretis, tetapi langsung mengalaminya di lingkungan sekitar."

Hasilnya terbukti sangat efektif. Evaluasi pasca-kegiatan menunjukkan antusiasme yang tinggi dengan tingkat kepuasan siswa mencapai 91,6%. Bahkan, siswa yang cenderung pendiam terlihat lebih aktif dan vokal saat bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan misi.

Kesuksesan program ini menunjukkan bahwa kunci menumbuhkan minat literasi tidak hanya terletak pada konten, tetapi pada cara penyampaian yang kreatif dan inovatif. Sebagai luaran, kegiatan ini juga menghasilkan sebuah buku "Panduan Gamifikasi Literasi Sederhana Tingkat SD" yang diharapkan dapat menjadi panduan praktis bagi para pendidik untuk menerapkan metode serupa.

Kunjungan Literasi di SD Inpres Batangkaluku ini menjadi bukti nyata bahwa pendekatan yang humanis dan menyenangkan dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan literasi, kerja sama tim, dan kecerdasan emosional siswa.

Kontak Media:

Nabila Widyaningrum & Fahmi Ariz Dharmawan Amba
Penanggung Jawab Program "Aku dan Pahlawanku" & Penanggung Jawab Program "Petualangan Literasi Sekolah"
Email: kknt114literasibatangkaluku@gmail.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline