Lihat ke Halaman Asli

Hijaiyah Fun Hop: Pembelajaran Huruf Hijaiyah dengan Memadukan Aktivitas Fisik

Diperbarui: 13 Oktober 2025   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi implementasi media di Tk Al Jannah

Hijaiyah Fun Hop: Pembelajaran Huruf Hijaiyah dengan Memadukan Aktivitas Fisik

Belajar bagi anak-anak akan lebih menyenangkan jika prosesnya tidak hanya dilakukan dengan duduk diam. Di TK Al Jannah, saya melihat bagaimana anak-anak menunjukkan antusiasme yang tinggi ketika mereka belajar sambil bermain. Melihat hal ini, saya terdorong untuk menciptakan sebuah permainan edukatif bernama "Hijaiyah Fun Hop" yang menggabungkan aktivitas fisik dengan pembelajaran huruf hijaiyah agar lebih efektif dan menyenangkan. Permainan ini menggunakan karpet puzzle besar yang bergambar huruf hijaiyah, di mana anak-anak melompat dari satu kotak ke kotak lain secara berurutan. Saat mencapai ujung karpet, mereka mengambil stik huruf hijaiyah secara bergiliran, lalu kembali dan menempelkan stik tersebut pada papan khusus yang telah disediakan. Metode ini tidak hanya membantu anak mengenal bentuk huruf hijaiyah, tetapi juga melatih koordinasi gerak motorik kasar dan halus secara bersamaan.

Aktivitas melibatkan motorik kasar lewat lompatan-lompatan serta motorik halus saat memegang dan menempel stik huruf, membuat anak belajar dengan cara yang aktif dan menyenangkan. Permainan ini juga memperkuat interaksi sosial karena anak-anak bermain bersama, saling membantu, dan berkomunikasi untuk menyelesaikan aktivitas. Guru-guru di TK Al Jannah merasakan manfaat besar karena media ini membantu mereka menyampaikan materi pembelajaran huruf hijaiyah secara lebih beragam dan menarik. Anak-anak lebih mudah mengingat huruf dan lebih antusias mengikuti pembelajaran karena suasana belajar tidak monoton dan selalu diisi dengan aktivitas fisik yang menghibur.

Dari pengalaman penggunaan "Hijaiyah Fun Hop", terlihat bahwa anak-anak mengalami peningkatan yang signifikan dalam menghafal huruf hijaiyah serta menunjukkan rasa percaya diri yang lebih tinggi selama bermain dan belajar. Metode pembelajaran ini membuktikan bahwa belajar dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus efektif jika elemen bermain dan pendidikan digabungkan dengan baik. Media pembelajaran ini diharapkan dapat membuat proses belajar huruf hijaiyah di TK Al Jannah menjadi lebih hidup dan menarik, sekaligus membantu perkembangan motorik dan sosialisasi anak secara optimal. Inovasi sederhana ini menjadi salah satu solusi penting dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan bagi anak usia dini.

Selain itu, fleksibilitas permainan ini memungkinkan variasi materi pembelajaran di masa depan, seperti mengenal angka atau kata-kata sederhana, sehingga media ini bisa terus digunakan dan dikembangkan sesuai kebutuhan. Anak-anak juga lebih terlibat dan termotivasi untuk belajar mandiri karena media ini menekankan pada pengalaman langsung dan interaksi yang menyenangkan. Dengan cara ini, pembelajaran tidak hanya tentang penyerapan materi, tetapi juga pengembangan keterampilan motorik, sosial, dan kognitif secara menyeluruh. Kreativitas dalam merancang media pembelajaran seperti "Hijaiyah Fun Hop" memberi manfaat jangka panjang untuk anak-anak agar mereka merasa senang dan nyaman dalam belajar.

 Penulis: Dina Kusumawati

Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Semarang

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline