Mohon tunggu...
Amos Hosea Ambarita
Amos Hosea Ambarita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Baik rajin menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penjelasan dan Tujuan Investasi dalam Surat Berharga

9 Desember 2022   19:23 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:24 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"PENJELASAN DAN TUJUAN INVESTASI DALAM SURAT BERHARGA"

Pertama tama mari kita pahami terlebih dahulu apa itu surat berharga,nah jadi surat berharga atau commercial paper itu merupakan sebuah dokumen yang mempunyai nilai uang yang diakui dan dilindungi oleh pihak hukum untuk kepentingan transaksi perdagangan,pembayaran,penagihan dan jenis lainnya.

Surat berharga ini terdiri dari surat pengakuan utang,wesel,saham,obligasi,sekuritas kredit atau setiap derivatif dan surat berharga atau kepentingan lain suatu kewajiban berdasarkan penerbit,pada bentuk yang lazim diperdagangkan pada pasar modal dan juga pasar uang.

Apa sih investasi surat berharga itu dan apa keuntungan,tujuan dan manfaat nya?? Mari kita bahas bersama sama.

1.Pengertian Investasi Surat Berharga 

Diantara investasi lain investasi ini sangat dianjurkan bagi orang yang mau berinvestasi.Investasi ini adalah dokumen yang memiliki nilai moneter yang dilindungi dan diakui oleh hukum atau pemerintah.adanya investasi ini disebut-sebut mendukung transaksi maupun bisnis,billing,pembayaran dan sejenisnya.selain hal-hal tersebut surat berharga ini juga berfungsi sebagai surat legitimasi.Perangkat bertindak sebagai panduan bagi pemegang dokumen,yang dianggap legal.karena alat tersebut merupakan panduan penting bagi pemilik dokumen yang memiliki hak tertentu.

2.Tujuan Investasi Dalam Surat Berharga

Investasi memiliki tujuan yang bermacam-macam sesuai dengan jenis investasinya. Misalnya, investasi dana pensiun bertujuan untuk mendapatkan sejumlah dana pada masa tua atau masa pensiun.Tapi kali ini kita akan membahas tujuan investasi dalam surat berharga. Adanya investasi ini memiliki tujuan untuk kepentingan transaksi baik perdangangan,penagihan,pembayaran da sejenisnya. Selain untuk beberapa hal tersebut surat berharga juga berfungsi untuk surat legitimasi. Instrumen tersebut sebagai panduan bagi pemegang surat yang dianggap sebagai legitimasi.

3.Manfaat atau Keuntungan Investasi dalam Surat Berharga

Jika kita ingin membuka usaha atau bisnis pasti kita harus tahu terlebih dahulu apa manfaat dan keuntungan dari usaha kita itu.Sama juga hal nya dengan ini apa sih manfaat dan keuntungan yang kita dapat jika kita melakukan investasi dalam surat berharga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun