Mohon tunggu...
Amiya Fajrin
Amiya Fajrin Mohon Tunggu... Mahasiswi Angkatan 2016 Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang

KKN Universitas Negeri Malang 2019 Desa Sukoraharjo, Kepanjen, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Antusias Warga Dusun Blobo dalam Pelatihan dan Pemasaran Brownies Ubi Ungu

17 Juni 2019   23:43 Diperbarui: 17 Juni 2019   23:51 0 0 0 Mohon Tunggu...
Antusias Warga Dusun Blobo dalam Pelatihan dan Pemasaran Brownies Ubi Ungu
diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UM 2019

Mahasiswa KKN UM di Desa Sukoraharjo. Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang mengadakan kegiatan pelatihan dan pemasaran Brownies Ubi Ungu pada Sabtu (15/6). 

Kegiatan ini dilaksanakan disalah satu warga desa Blobo serta dihadiri oleh anggota PKK RW setempat. Pemilihan ubi ungu sebagai bahan dasar Brownies dikarenakan adanya potensi daerah yang cukup melimpah pada tanaman ubi serta ubi ungu memiliki banyak manfaat. Tetapi kini brownies ubi ungu juga mulai banyak menarik minat pecinta kuliner. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi warga desa Blobo terutama anggota PKK.

Kegiatan pelatihan dan pemasaran brownies ubi ungu ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK oleh seluruh anggota PKK dan Mahasiswa KKN UM. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan doa serta sambutan oleh salah satu perwakilan anggota PKK yaitu ibu Winda dan sambutan dari perwakilan Mahasiswa KKN UM yaitu Abdullah Wafi Ali Haidar. 

Pengisi materi dari pada program ini berasal dari mahasiswa KKN UM sendiri yaitu Rahayu Intan dan Diana Rahmawati sebagai pengisi materi tentang pelatihan brownies ubi ungu serta Lia Azijah sebagai pengisi materi tentang pemasaran brownies ubi ungu. 

diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UM 2019
diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UM 2019
Ibu-ibu PKK terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini seperti dengan Ibu Khusnul "Saya baru tahu kalau ubi ungu bisa dibuat untuk brownies kukus", (15/6). Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya anggota PKK yang menghadiri kegiatan tersebut dan banyaknya ibu-ibu PKK yang melontarkan beberapa pertanyaan. Begitu pula ketika pemberian materi tentang pemasaran " Penjualan dengan sistem PO melalui media sosial lebih efisien, dibandingkan harus diproduksi setiap hari".

diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UM 2019
diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN UM 2019
Kegiatan diakhiri dengan sesi pertanyaan, lalu ditutup oleh ibu Winda selaku anggota PKK, dan diharapkan ibu-ibu Desa Sukoraharjo dapat mencoba membuat brownies ubi ungu dan dipasarkan sesuai sasaran, sesuai materi-materi yang telah disampaikan oleh mahasiswa KKN  UM. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan supaya dapat memberikan inovasi bagi warga desa Sukoraharjo serta pemasarannya dalam pemanfaatan hasil potensi desa, dan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi di desa Sukoraharjo.

Penulis : Rochmatul Mawadah dkk