Mohon tunggu...
amirullah fachrulrazi
amirullah fachrulrazi Mohon Tunggu... mahasiswa

amirullah fachrul razi berbagi motivasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Daring Bukan Alasan untuk Bermalas-malasan

21 Maret 2021   21:48 Diperbarui: 21 Maret 2021   22:27 94 0 0 Mohon Tunggu...

Daring,kuliah online, luring,itulah istilah -- istilah dalam masalah Pendidikan saat pandemi ini. Mulai dari jenjang terendah SD sampai kuliahpun,saat ini masih menggunakan sistem -- sistem berbasis internet dalam hal pembelajaran. Dan tentu ada dampak Ketika harus belajar dengan internet, apa dampaknya?

Semasa kuliah masih offline kita cukup mempersiapkan diri dengan niat dan kesungguhan agar bisa datang dalam perkuliahan dengan tepat waktu, dan berharap bisa menyimak dengan sungguh maateri pada hari itu. 

Namun di masa pandemi ini,permasalahan bisa menjadi double,permasalahannya adalah bukan hanya sekedar niat yang sungguh seperti di masa kuliah offline,melainkan perisapan dalam hal daring ini bukan hanya dalam niat. Karena kita juga perlu berurusan dengan jaringan yang keadaannya tidak tertentu. 

Karena kita juga tidak asing Ketika kuliah online berlangsung kira -- kira 20 menit. Muncullah mahasiswa dengan keluhan" maaf pak putus -- putus", " maaf bu kamera saya error","maaf pak mic saya rusak". 

Ketika sudah membulatkan niat untuk mengikuti perkuliahan online,kita ingin agar bisa mendapat ilmu dan faham ilmu tersebut. Tapi lagi -- lagi niat kita yang sudah kuat tadi akan luntur begitu saja Ketika ada permasalahan device kita,seperti sinyal,kamera,mic.

Selain pada hal device, niat yang kuat untuk belajar juga diperlukan, mungkin Sebagian dari kita pernah mendengar"dengan kuliah online sulit untuk memahami materi","kuliah online bikin ngantuk". 

Memang ujian dari bellajar online bisa dibilang berat. Niat kita sudah ingin kuliah namun, yang namnya Kasur, itulah godaan yang cukup berat bagi kita karena bosan dengan perkuliahan yang mengundang rasa kantuk,pada saat itulah kita tergoda untuk mematikan kamera dan memilih untuk tidur, selain Kasur laptop sendiri bisa jadi pengalih kita juga. 

Ketika kita sudah ada rasa bosan dengan perkuliahan akhirnya membuka tab baru di internet dan membuka situs yang lain. Banyak juga ya kendala dalam perkuliahan online ini. Lantas, apa yang harus kita lakukan agar kita bisa mmenjadi sebaik baiknya mahasiswa,meski dengan perkuliahan yang dijalankan secara online?.

Setelah kita bahas keluhan -- keluhan tadi, ada 4 hal yang bisa kita lakukan untuk menguatkan niat kita untuk melaksanakan perkuliahan online,yaitu:

1. Niatkan dengan sebenar -- benarnya niat untuk belajar

  • Niat, kata singkat yang sering kita lupa dan kita lalai dalam segala hal, dengan itu kita tidak tahu untuk ap akita melakukannya, berbeda dengan hal yang dilakukan dengan niat tertentu yang bertujuan untuk menggapai sesuatu, sama dalam hal menuntut ilmu, Ketika kita tahu tujuan kita mencari ilmu ,itu bisa menjauhkan kita dari hal -- hal yang bisa mengganggu kita saat belajar seperti rasa kantuk dan bosa, itu akan kita hindari Ketika kita memiliki niat yang kuat untuk menuntut ilmu.

2.  Mengondisikan sekitar kita

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN