Mohon tunggu...
Amirah Aradhana
Amirah Aradhana Mohon Tunggu... Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Cara Membuat Bandrek Medan

2 Agustus 2020   19:35 Diperbarui: 2 Agustus 2020   19:34 35 1 0 Mohon Tunggu...

Bandrek Medan merupakan minuman tradisional khas Medan yang disajikan hangat-hangat. Jika mengkonsumsi Bandrek Medan banyak manfaat yang bisa dapat. Karena pada umumnya, minuman tradisional satu ini banyak menggunakan rempah-rempah. Yang sebagaimana rempah-rempah banyak sekali manfaatnya seperti, jahe dapat meredakan flu, kayu manis dapat mengkontrol gula darah, gula aren dapat meningkatkan imunitas tubuh, dan masih banyak lagi. Dalam situasi pandemi ini jika kita meminum Bandrek Medan apalagi membuat minumannya sendiri sangatlah berguna untuk menghindar dari penyakit covid-19 ini.

Berikut ini cara membuat Bandrek Medan yang benar dan mudah, yaitu :

  • Siapkan sendok, centong, gelas, panci, kompor, pisau, parutan, talenan, saringan untuk alat. Sedangkan untuk bahan siapkan 300 gram gula merah, 10 gram kayu manis, 5 gram cengkeh, 1 sendok teh merica hitam, 3 batang serai, 5 lembar daun pandan, sendok teh garam, 3 liter air, 1 sachet susu kental manis, madu, dan telur.
  • Rebus air dan semua bahan kecuali susu, madu, dan telur, selama 10 menit.
  • Kecilkan api dan didihkan hingga selama kurang lebih 20-30 menit.
  • Tuang ke gelas sambil disaring (usahakan gelas beling).
  • Tambahkan susu kental manis, madu, atau telur sesuai selera dan aduk.
  • Bisa juga disimpan ke kulkas selama 1-2 hari (dalam catatan susu kental manis, madu, atau telur tidak dicampur). Jika ingin meminumnya panaskan kembali.

Mudah bukan cara membuat Bandrek Medan? Nikmat jika diminum pada malam hari, saat hujan, atau setelah hujan bersama keluarga dirumah. Mari, kita menjaga imunitas diri agar terhindar dari penyakit covid-19. Dan tetap patuhi protokol dari pemerintah ya!

VIDEO PILIHAN