Mohon tunggu...
Amelia Nur Fauziah
Amelia Nur Fauziah Mohon Tunggu... Public Relations

hello, its me!

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Yang Harus dilakukan Fresh Graduate dalam Bersaing di Dunia Kerja

16 April 2021   09:31 Diperbarui: 20 April 2021   13:54 442 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yang Harus dilakukan Fresh Graduate dalam Bersaing di Dunia Kerja
Euforia Fresh Graduate. Sumber: Freepik/rawpixel.com

Setelah lulus kuliah dan mendapat gelar, kamu pasti sudah tidak sabar menjalani kehidupan baru dengan berbagai rencana masa depan. Namun, para fresh graduate juga memiliki tantangan baru yakni mencari pekerjaan dan bersaing dengan kandidat lainnya.

Euforia fresh graduate memang membanggakan, dimana kamu akhirnya lulus setelah menempuh perjalanan panjang dalam dunia pendidikan. Tapi, jangan terlalu bergembira sampai lupa kewajiban setelahnya ya!

Memulai karir bagi para fresh graduate menjadi tugas pertama yang harus kamu lakukan. Tidak hanya semangat dalam mencari kerja, tapi juga mencoba beradaptasi dengan dunia kerja. Kamu tidak lagi bisa bersenang-senang di jam kerja, atau bolos seperti di kuliah. 

Persiapkan mental dan semangat yang konsisten. Kamu harus bisa mempersiapkan diri sendiri untuk semua tantangan atau kemungkinan-kemungkinan kedepannya. Baik dalam dunia pekerjaan, sosial, maupun hubungan asmara. 

Interview saat melamar pekerjaan di perusahaan. Sumber: Freepik/ Ijeab
Interview saat melamar pekerjaan di perusahaan. Sumber: Freepik/ Ijeab

Lalu, apa sih yang perlu disiapkan? Simak yuk!

1. Riset Sebanyak-banyak nya 

Sebelum melamar suatu pekerjaan, kamu harus riset mendalam terlebih dahulu. Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang pekerjaan impian kamu, job desk didalamnya, jenis lingkungan pekerjaannya, maupun cara menuju kesananya. 

Kamu dapat mencarinya di media sosial seperti Instagram maupun Linkedin. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi mendalam tentang pekerjaan lain yang mungkin cocok dengan kemampuanmu. Jadi, jika kamu tidak diterima di pekerjaan impian, kamu bisa mencoba di kesempatan lainnya. 

2. Bersaing Mencari Pekerjaan 

Walaupun kamu senang akhirnya lulus dan selesai dari dunia pendidikan, jangan terlena dan jadi malas-malasan ya. Mencari kerja adalah hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai fresh graduate. Pada awalnya, kamu akan fokus pada pekerjaan impian kamu. Namun, jika kamu tidak diterima, alangkah baiknya untuk langsung mencari perusahaan lain yang sesuai dengan bidangmu.

Dengan ilmu dan pengalaman selama kuliah, kamu bisa tentukan jenis pekerjaan apa yang ingin dituju. Kamu bisa mencarinya di koran, sosial media, maupun di situs lowongan pekerjaan. Glints dan Kalibrr merupakan salah satu dari banyaknya situs lowongan pekerjaan yang bisa kamu gunakan. 

Baca Juga : 5 Situs Lowongan Kerja untuk Mahasiswa 

3. Kreatif Membuat CV atau Portofolio

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN