Mohon tunggu...
Amelia Wahyu Putri Wardani
Amelia Wahyu Putri Wardani Mohon Tunggu... Amelia Wahyu Putri Wardani

Apr01

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media sebagai Alat Bantu Penunjang Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar

20 April 2021   20:17 Diperbarui: 20 April 2021   20:20 35 0 0 Mohon Tunggu...

Kita semua mengetahui bahwa media pembelajaran merupakan alat bantu untuk menerangkan materi yang akan disampaikan. Media pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu media konvensional dan media interaktif. Dimana media konvensional berupa alat atau wujud yang dapat diperagakan langsung oleh siswa-siswa, sedangkan media interaktif merupakan media yang dibantu oleh vidio.

Macam-macam media pembelajaran yaitu:

  • Media audio, dimana hanya suara saja. Media ini sangat cocok untuk pembelajaran story telling pada siswa
  • Media visual, berupa media yang dapat dilihat oleh siswa. Media ini terbagi menjadi dua, yaitu
  • Media visusal diam, contohnya yaitu berupa gambar, poster, peta/atlas, mading, dan lain sebagainya.
  • Media visual gerak, misalnya seperti film bisu dan sejenisnya
  • Media audio visual, yang merupakan gabungan dari media audio dan media visual. Contohnya yaitu film, vidio animasi, TV, dan lain sebagainya.

Sementara itu manfaat dari media pembelajaran yaitu, menstandarkan imajinasi pada siswa, membuat lebih menarik dan adanya interaksi antara guru dan siswa, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, membuat menyenangkan dan tidak bosan, dan yang paling penting yaitu membantu penyampaian materi serta memperoleh hasil pemahaman yang bagus pada siswa karena langsung adanya contoh konkrit dari materi yang disampaikan.

Karena pada dasarnya siswa sekolah dasar akan lebih mudah memahami jika guru memberi contoh yang nyata, sehingga imajinasi siswa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Hasil belajar pun akan membaik karena adanya media pembelajaran. Dan yang terakhir siswa akan ingat materi tersebut sampai kapanpun karena pembelajaran berlangsung dengan materi disertai dengan contoh-contohnya yang berupa media pembelajaran

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x