Sosbud

Budaya Asia dalam Dunia

9 Desember 2018   21:54 Diperbarui: 9 Desember 2018   22:33 154 0 0

Dewasa ini internet semakin mempengaruhi perkembangan informasi yang ada pada seluruh aspek kehidupan, mulai dari perdagangan, perekonomian, kemiliteran, hingga konten yang ditampilkan dalam media global. Suksesnya suatu negara dalam menguasai sistem yang ada saat ini dapat dilihat dari semakin terkenalnya konten yang mereka tampilkan hingga menjadi banyak diketahui oleh seluruh dunia.

Jika di tahun 2000n dan tahun-tahun sebelumnya budaya Barat lah yang menjadi penguasa dalam media dunia, kini budaya Asia semakin banyak diminati oleh masyarakat global semenjak semakin banyaknya orang Barat menyukai konten yang ditampilkan oleh negara Asia seperti Korea Selatan, Jepang dan Cina. Meskipun hanya beberapa hal kecil yang mereka ikuti seperti fashion, namun menjadi peluang yang besar bagi negara Asia dalam mengenalkan budaya mereka dimata dunia.

Perkembangan internet menjadi salah satu peluang bagi suatu negara dalam memperoleh suatu informasi maupun untuk menyebarkan informasi yang ada di dalam negara kepada media global. Salah satu hal yang menjadikan budaya Barat menjadi penguasa dalam konten media yang ditampilkan dalam media global ialah karena perkembangan teknologi yang mereka miliki lebih unggul dibandingkan negara-negara Asia sehingga memudahkan mereka dalam menyebarkannya secara global. 

Salah satu contohnya ialah perfilman yang dimiliki oleh Barat selalu menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh penjuru dunia hingga memunculkan perspektif bahwa apa yang mereka buat pasti memiliki nilai jual yang tinggi dan jalan cerita yang mereka tampilkan akan terlihat bagus berkat efek yang ada pada film yang mereka miliki tidak pernah mengecewakan harapan yang ada pada penonton di seluruh dunia, bahkan sampai saat ini Holliwood masih menjadi raja perfilman dunia.

Sementara itu, negara Asia kini semakin serius dalam mencapai dan membuat konten untuk dapat diterima diseluruh negeri, salah satunya yang saat ini sedang dalam masa keemasan ialah negara Korea Selatan. Sedikit demi sedikit KorSel semakin serius dalam mencapai kesuksesan tersebut, bahkan konten yang ada saat ini semakin didominasi oleh artis yang berasal dari Korsel mulai dari drama korea, skincare, hingga fashion yang mereka miliki semakin diminati oleh penjuru negeri.

Meskipun beberapa konten yang ada saat ini didominasi oleh budaya Asia, namun eksistensi yang dimiliki budaya Eropa tak luput dari jaman, hal ini dapat terlihat dari artis Asia masih sangat tertarik untuk dapat masuk ke Holliwood karena itu sudah menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan seseorang untuk dapat masuk ke dunia Holliwood. Untuk itu dibutuhkan kerja keras bagi budaya Asia untuk dapat lebih bersaing dalam media global sehingga dapat setara dengan konten yang ditampilkan oleh negara Eropa yaitu dengan cara menampilkan konten yang memiliki ciri khas yang unik serta konten yang menarik sehingga dapat diminati di media pasar global.