Mohon tunggu...
Amar Makruf
Amar Makruf Mohon Tunggu... mahasiwa

mahasiswa IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kebakaran Hutan Kalimantan 2019

11 Oktober 2019   02:19 Diperbarui: 11 Oktober 2019   02:29 0 0 0 Mohon Tunggu...

            Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Indonesia menjadi perhatian dunia salah satunya NASA foto satelit dari badan antariksa amerika tampak pulai Kalimantan berselimut asap putih, NASA memotret Kalimantan terjadi asap kebakaran hutan mengepung diseluruh wilayah hanya Kalimantan Selatan yang tampak sedikit terkena dampak dari kabut asap tidak setebal dikawasan lain. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan kebakaran hutan dan lahan mudah terjadi di hampir seluruh wilayah di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Meskipun demikian, sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan di perkirakan akan diguyur hujan kebakaran hutan yang melanda Sampit, Kalimantan Tengah membuat asap tebal yang menurunkan jarak pandang pengguna pemotor dan kendaraan mobil hingga terjadi peristiwa Laka Lalulintas karna asap yang begitu pekat.

            Banyak video beredar dari dalam mobil memperlihatkan asap kecoklatan yang sangat pekat video tersebut banyak beredar dan viral di jejaring media sosial. "6 Provinsi sudah menyatakan darurat kebakaran hutan jutaan masyarakat terkepung asap pekat dan terjangkit penyakit pernapasan seperti ISPA dan TBC", warganet pun banyak mengkritik video beredar yang beredar dan menyinggung pemerintah untuk segera mengatasi bencana kebakaran hutan di Kalimantan, karena sudah berdampak bagi kesehatan dan membahayakan bagi pengguna kendaraan. Kabut asap akibat kebakaran hutan juga mengganggu aktifitas Liga 1 2019, KALTENG PUTRA hingga Tim KALTENG PUTRA kesulitan menggelar latihan karena tebalnya kabut asap. "kurang lebih 3 bulan Kalimantan Tengah diselimuti kabut asap bahkan daerah Kalimantan Tengah dilanda kabut asap pekat yang parah"

            Aktifitas sekolah mulai diliburkan akibat dampak buruknya udara yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan dampak negatif lainnya terjadinya pembatalan penerbangan dibandara bandara Kalimantan dikarenakan asap kabut yang tebal. Dalam beberapa pekan terakhir, kebakaran hutan melanda Sumatra dan Kalimantan. Untuk mengatasi masalah Pemerintah menerjurkan ribuan petugas dan tim medis dan pendirian posko posko kesehatan. Terdapat ratusan titik panas yang terdeteksi di Pulau tersebut, kualitas udara yang paling tercemar terjadi di Palangkaraya pada level berbahaya bagi semua populasi yang terpapar kabut asap tebal.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x